MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ZOOM MEETING DI MASA PANDEMI VIRUS COVID-19
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Video Pembelajaran Animasi, Zoom MeetingAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran media video pembelajaran animasi berbasis zoom meeting untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Video pembelajaran animasi adalah media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang memanfaatkan zoom meeting dalam melaksanakan suatu kegiatan atau memahami konsep pembelajaran. Masalah yang akan dipecahkan dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas 5 SD PLUS AL-MU’AAWANAH Ciamis. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini melibatkan 35 orang peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik perempuan dan 20 peserta didik laki-laki. Pada proses prasiklus, persentase ketuntasan belajar sebesar 25,71 %, kemudian setelah dilaksanakan pembelajaran siklus 1 dengan menggunakan media power point melalui zoom meeting ada peningkatan persentase ketuntasan belajar menjadi 71,43 %. Pada siklus 2 berhasil mencapai persentase ketuntasan belajar 100 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pesrta didik dengan diterapkannya media video pembelajaran animasi melalui zoom meeting. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan penerapan media video pembelajaran animasi berbasis zoom meeting dapat meningkatkan hasil belajar IPA Peserta Didik kelas 5 SD PLUS AL-MU’AAWANAH Ciamis.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Video Pembelajaran Animasi, Zoom Meeting
Kata kunci: penting; spesifik; atau representatif bagi artikel ini; terdiri dari 3-6 kata.
ENHANCING SCIENCE LEARNING OUTCOMES THROUGH ANIMATED VIDEO LEARNING BASED ON ZOOM MEETINGS DURING THE COVID-19 PANDEMIC
ABSTRACT
This study is a Classroom Action Research (CAR) that implements the animated video learning media model based on Zoom meetings to enhance the learning outcomes of Natural Sciences (IPA). Animated video learning is an instructional media that can be used in Zoom-based learning activities or to understand learning concepts. The problem addressed is the improvement of learning outcomes in Natural Sciences for grade 5 students at SD PLUS AL-MU’AAWANAH Ciamis. The research consists of two cycles, each comprising four stages: Planning, Implementation, Observation, and Reflection. The study involves 35 students, including 15 female students and 20 male students. In the pre-cycle phase, the learning mastery percentage was 25.71%. After implementing the first cycle of learning using PowerPoint media via Zoom meetings, there was an increase in the learning mastery percentage to 71.43%. In the second cycle, the learning mastery percentage reached 100%. The research results indicate an improvement in students' learning outcomes with the application of animated video learning media through Zoom meetings. Therefore, the research demonstrates that the implementation of animated video learning media based on Zoom meetings can enhance the learning outcomes of Natural Sciences for grade 5 students at SD PLUS AL-MU’AAWANAH Ciamis.
Keywords: Learning Outcomes, Animated Video Learning, Zoom Meeting
Referensi
Arikunto, S. (2002). Procedure Research. Rineka Cipta, Jakarta.
Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Depdiknas (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Herani, N. E. (2021). Pemanfaatan video pembelajaran pada mata pelajaran tematik terpadu Di sekolah dasar saat pandemi COVID-19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 58-66. Retrieved from https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193
Norma, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pembelajaran Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 101-115. Retrieved from https://doi.org/10.51878/social.v1i2.697
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System , Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30- 36. Retrieved from http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181
Putri, E. A., & Fadly, W. (2021, December). Viper (Video Pembelajaran) Sebagai Upaya Meningkatkan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, pp. 370-377). Retrieved from https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/398
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran (teori dan praktek pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)). Kencana, Jakarta.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1940-1945. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Supartini, M. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(2), 277-293. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Suryani, A. (2010). ICT in education: Its benefits, difficulties, and organizational development issues. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 3(1), 13-33.
Tim Pustaka Yustisia (2008). Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).Yogyakarta: Pustaka Yustisia
UU Sikdiknas (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Walgito, Bimo, (2004). Pengantar psikologi Umum. Penerbit Andi, Jakarta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 ADE NANA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.