PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPS

Penulis

  • eriyanti indra Rukhmanah eriyanti

Kata Kunci:

berdiferensiasi

Abstrak

ABSTRAK

Penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS kelas 7 pada materi penawaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru, tes untuk mengukur hasil belajar siswa.  Hasil penilaian sumatif  rata rata siswa adalah 77, nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 60 Siswa mengalami peningkatan nilai belajar terlihat dari data nilai terendah mengalami peningkatan dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Kata kunci:  Berdiferensiasi; Problem Based Learning; Motivasi Belajar.

 

IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL, INTEGRATED DIFFERENTIATED LEARNING OF MODELS IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS

 

ABSTRACT

This implementation of the problem based learning model, integrated differentiated learning, aims to increase the motivation of 7th grade social students in supply material. This study uses classroom action research. The data collection method used in this study is observation. It is to observe student and teacher activities. This method is also used to measure student learning outcomes. The students' average summative assessment results was 77. The students’ highest score was 90 and the lowest score was 60. Students experienced an increase in learning scores as seen from the lowest score data increased from cycle I. Thus, it can be concluded that the implementation of the problem based learning model, integrated differentiated learning of models in social studies subjects can increase student learning motivation

Keywords: Differentiated; Problem Based Learning; Learning Motivation.

Referensi

Anonim. (2022) Pengertian problem based learning, tujuan, dan sintak. Diakses tanggal 24 November 2023 dari www.sampoernaacademy.sch.id/id/problem-based-learning

Arikunto, S. (2017). Penelitian tindakan kelas edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(1): 237-248.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2): 93-196.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas (teori dan aplikasi). Bandung: UPI Press.

Hasmiati. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Biologi Pembelajaran. 257.

Ihdi, A. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi. Diakses tanggal 24 November 2023 dari www.smansapaguyangan.sch.id/read/161/pembelajaran-berdiferensiasi.

Kristiani, H. (2022). Model pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar di SMPN 20 kota tangerang selatan. Jakarta: Pusat kurikulum dan pembelajaran badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Masrinah, E. N., Ipin, A., Aden, A. G. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unma 2019. 924-932.

Nurbaya, S. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah melalui model problem based learning (PBL) pada pembelajaran tematik bermuatan matematika kelas VI SDN 19 cakranegara. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2).

Sanjaya. (2015). Perencanaan dan desain system pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Syamsiah. (2018). Buku model problem based learning (PBL) mata kuliah pengetahuan bahan makanan. Jakarta: Deepublish.

Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Universitas Kahuripan Kediri. (1).

Wahidun. (2021). Identifikasi motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VI di sekolah dasar. Journal of Education and Instruction. 4(1).

Wahyuningtyas, R. (2021). Meta analisis penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar. Mimbar PGSD Undiksha. 9(1).

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles