PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPS
Kata Kunci:
berdiferensiasiAbstrak
ABSTRAK
Penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS kelas 7 pada materi penawaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru, tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penilaian sumatif rata rata siswa adalah 77, nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 60 Siswa mengalami peningkatan nilai belajar terlihat dari data nilai terendah mengalami peningkatan dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Berdiferensiasi; Problem Based Learning; Motivasi Belajar.
IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL, INTEGRATED DIFFERENTIATED LEARNING OF MODELS IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS
ABSTRACT
This implementation of the problem based learning model, integrated differentiated learning, aims to increase the motivation of 7th grade social students in supply material. This study uses classroom action research. The data collection method used in this study is observation. It is to observe student and teacher activities. This method is also used to measure student learning outcomes. The students' average summative assessment results was 77. The students’ highest score was 90 and the lowest score was 60. Students experienced an increase in learning scores as seen from the lowest score data increased from cycle I. Thus, it can be concluded that the implementation of the problem based learning model, integrated differentiated learning of models in social studies subjects can increase student learning motivation
Keywords: Differentiated; Problem Based Learning; Learning Motivation.
Referensi
Anonim. (2022) Pengertian problem based learning, tujuan, dan sintak. Diakses tanggal 24 November 2023 dari www.sampoernaacademy.sch.id/id/problem-based-learning
Arikunto, S. (2017). Penelitian tindakan kelas edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(1): 237-248.
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2): 93-196.
Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas (teori dan aplikasi). Bandung: UPI Press.
Hasmiati. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Biologi Pembelajaran. 257.
Ihdi, A. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi. Diakses tanggal 24 November 2023 dari www.smansapaguyangan.sch.id/read/161/pembelajaran-berdiferensiasi.
Kristiani, H. (2022). Model pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar di SMPN 20 kota tangerang selatan. Jakarta: Pusat kurikulum dan pembelajaran badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Masrinah, E. N., Ipin, A., Aden, A. G. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unma 2019. 924-932.
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah melalui model problem based learning (PBL) pada pembelajaran tematik bermuatan matematika kelas VI SDN 19 cakranegara. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2).
Sanjaya. (2015). Perencanaan dan desain system pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Syamsiah. (2018). Buku model problem based learning (PBL) mata kuliah pengetahuan bahan makanan. Jakarta: Deepublish.
Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Universitas Kahuripan Kediri. (1).
Wahidun. (2021). Identifikasi motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VI di sekolah dasar. Journal of Education and Instruction. 4(1).
Wahyuningtyas, R. (2021). Meta analisis penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar. Mimbar PGSD Undiksha. 9(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 eriyanti indra Rukhmanah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.