PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUNINGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Penulis

  • Ani Kartini
  • Sun Suntini Universitas Kuningan
  • Arip Hidayat

Kata Kunci:

: Model Pembelajaran; Numbered Head Together (NHT); Keterampilan Berbicara; Teks Biografi

Abstrak

ABSTRAK: Penelitian  ini dilaksanakan di SMAN 2 Kunungan dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara terutama menceritakan kembali teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), menggunakan objek siswa kelas X MIPA 7 yang berjumlah 36 siswa, proses pembelajaran terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, dua kali untuk proses pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk tes. Hasil Penelitian Tindakan Kelas siklus pertama secara umum siswa dapat mengikuti proses pembelajaran, namun dalam keterampilan berbicara memperoleh nilai terendah 50 dan tertinggi 85, dan memperoleh nilai rata-rata 65,7 dan masih belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan analisis, maka penelitian tindakan kelas pada siklus kedua mengalami peningkatan, dibuktikan dengan nilai keterampilan berbicara siswa yang mengalami peningkatan yaitu semua siswa sudah mencapai KKM dalam kompetensi dasar keterampilan. Berdasarkan hasil perbandingan nilai antara siklus pertama dan siklus kedua, ketuntasan pembelajaran pada siklus kedua mencapai 94%.

KATA KUNCI: Model Pembelajaran; Numbered Head Together (NHT); Keterampilan Berbicara; Teks Biografi

 

 

USE OF THE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) COOPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT SPEAKING SKILLS  ON BIOGRAPHICAL TEXT MATERIALS

 

This research was conducted at SMAN 2 Kunungan with the type of research namely "Classroom Action Research". The research was conducted to improve students' speaking skills, especially retelling biographical texts using the Numbered Head Together (NHT) type cooperative learning model, using object class X MIPA 7 totaling 36 students, the learning process consisted of two cycles, each cycle consisting of 3 meeting, twice for the learning process and 1 meeting for the test. The results of Classroom Action Research in the first cycle, in general, students can participate in the learning process, but in speaking skills, the lowest score is 50 and the highest is 85, and the average score is 65.7 and the KKM is 75. Based on the analysis, the research Class action in the second cycle has increased, as evidenced by the value of students' speaking skills which have increased, namely all students have reached KKM in basic competency skills. Based on the results of the comparison of values between the first cycle and the second cycle, learning completeness in the second cycle reached 94%.

KEYWORDS: Learning Model, Numbered Head Together (NHT), Speaking Skills, Biographical Texts.

Referensi

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar Aksara

Alex Sobur (2004), Semiotika Komunikasi Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta

Fuad. (2012). Hubungan Kohevitas Kelompok dengan Intensi. Turnover pada Karyawan. Journal of Social and Industrial. Psycology.

Huriah, Titih. 2018. Metode Student Center Learning Aplikasi Pada. Pendidikan Keperawatan. Jakarta: Prenada Media.

Isman, A. (2011). Instructional Design in Education: New Model. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 10(1), 136–142.

Kencana, Inu Syafiie, 2016, Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta, PT Bumi Aksara

Kerlinger, Fred N. 1993. “Foundation of Behavior Research”. Third Edition. (terjemahan oleh L.R Simatupang), Yogyakarta, Gajah Mada. University. Lau

Kusumah, Wijaya, 2010, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Indeks

M. Ag, Dr. Hj. Helmiatz (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Marhadi, Hendri, dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.A SD Negeri 37 Pekanbaru”: 3

Mahsun. 2014. Metode penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan tekniknya. Jakarta: Rajawali pers

Rusman, 2011 Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : Rajawali Press

Slavin, Isjoni. 2013. hlm 12. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles