PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMANFAATAN SUMBER DAYA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DAN PEMAHAMAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 KUNINGAN

Penulis

  • Oom Rohmayani

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.459

Abstrak

ABSTRAK

Di era digital yang berkembang pesat, penelitian ini menghadirkan sebuah instrumen yang dirancang khusus untuk mengukur pemanfaatan Sumber Daya Digital (SDD) dalam meningkatkan minat baca dan pemahaman siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan. Transformasi digital telah mempengaruhi paradigma pendidikan, dan SMK Muhammadiyah 2 Kuningan dihadapkan pada kebutuhan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Penelitian ini merinci proses pengembangan instrumen dengan fokus pada literasi digital dan pengaruh SDD terhadap minat baca siswa. Melalui metode literature review, penelitian ini merangkum temuan dari penelitian-penelitian terkait, seperti peran literasi digital dalam meningkatkan minat membaca siswa Sekolah Dasar dan efektivitas layanan literasi digital selama pandemi Covid-19. Selain itu, penelitian ini mengadopsi temuan tentang revitalisasi perpustakaan sekolah dan pemanfaatan sistem informasi manajemen perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca siswa di tingkat SMA. Sintesis temuan ini membentuk kerangka konseptual yang kuat untuk pengembangan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan SDD di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan berpengaruh positif terhadap minat baca dan pemahaman siswa. Temuan ini selaras dengan literatur yang menyoroti penggunaan SDD, seperti e-book dan aplikasi pembelajaran online, dalam meningkatkan minat baca. Dengan memadukan temuan literatur dan hasil penelitian, instrumen yang dikembangkan mampu mencerminkan validitas dan reliabilitas yang diperlukan. Instrumen berbentuk kuesioner dirancang untuk mengukur minat baca siswa, pola preferensi literatur, dan dampak pemanfaatan SDD. Diharapkan bahwa hasil analisis data dari implementasi instrumen ini akan memberikan wawasan mendalam tentang minat baca siswa dan efektivitas SDD dalam konteks SMK Muhammadiyah 2 Kuningan.Saran untuk peningkatan implementasi PjBL melibatkan pelatihan lanjutan bagi guru, penyusunan proyek yang lebih relevan, evaluasi berkala, dan dukungan infrastruktur yang memadai. Dengan demikian, PjBL dapat menjadi alternatif pendekatan pembelajaran yang efektif dalam konteks pengembangan keterampilan menulis siswa.

Kata kunci: literasi digital; minat baca; pemahaman siswa; sumber daya digital; SMK Muhammadiyah 2 Kuningan

DEVELOPMENT OF INSTRUMENT FOR UTILIZING DIGITAL RESOURCES TO ENHANCE READING INTEREST AND COMPREHENSION OF SMK MUHAMMADIYAH 2 KUNINGAN STUDENTS. SMK MUHAMMADIYAH 2, KUNINGAN, INDONESIA



ABSTRACT

In the rapidly evolving digital era, this research introduces an instrument specifically designed to measure the utilization of Digital Resources (DR) in enhancing reading interest and comprehension among students at SMK Muhammadiyah 2 Kuningan. Digital transformation has influenced the educational paradigm, and SMK Muhammadiyah 2 Kuningan is confronted with the need to integrate technology into learning. This study details the process of instrument development with a focus on digital literacy and the influence of DR on students' reading interest. Through a literature review method, this research summarizes findings from related studies, such as the role of digital literacy in improving elementary school students' reading interest and the effectiveness of digital literacy services during the Covid-19 pandemic. Additionally, the study adopts findings on the revitalization of school libraries and the utilization of library management information systems to cultivate reading interest in high schools. The synthesis of these findings forms a strong conceptual framework for instrument development. The research results indicate that the utilization of DR at SMK Muhammadiyah 2 Kuningan positively influences students' reading interest and comprehension. These findings align with literature highlighting the use of DR, such as e-books and online learning applications, in enhancing reading interest. By combining literature findings and research results, the developed instrument can reflect the required validity and reliability. The questionnaire-based instrument is designed to measure students' reading interest, literature preference patterns, and the impact of utilizing DR. It is expected that the data analysis results from the implementation of this instrument will provide in-depth insights into students' reading interest and the effectiveness of DR in the context of SMK Muhammadiyah 2 Kuningan.

Keywords: digital literacy; reading interest; student comprehension; digital resources; SMK Muhammadiyah 2 Kuningan

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27