EKSPLORASI PENERAPAN METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMPN 1 HANTARA

Penulis

  • Mimi Maryami

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.457

Abstrak

ABSTRAK

Peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia menjadi fokus utama dalam mengembangkan kompetensi komunikatif siswa. Salah satu metode yang menarik untuk mencapai tujuan tersebut adalah Role Play. Artikel ini membahas konsep Role Play sebagai strategi pembelajaran berdasarkan metode role-playing yang pertama kali diperkenalkan oleh Chesler dan Fox pada tahun 1966. Pendekatan ini bukan sekadar simulasi, melainkan juga memandang Role Play sebagai sumber daya yang dapat memperkaya pemahaman peserta didik tentang peran yang mereka mainkan. Dengan memahami Role Play sebagai sumber daya, metode ini diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 1 Hantara dengan tujuan meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata kunci: role play; keterampilan berbicara; metode pembelajaran; strategi; pemahaman peran

EXPLORATION OF THE APPLICATION OF THE ROLE PLAY METHOD IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING TO ENHANCE SPEAKING SKILLS OF 8TH-GRADE STUDENTS AT SMPN 1 HANTARA

ABSTRACT

Improving speaking skills in Indonesian language learning is the primary focus in developing students' communicative competence. One intriguing method to achieve this goal is through Role Play. This article discusses the concept of Role Play as a learning strategy based on the role-playing method first introduced by Chesler and Fox in 1966. This approach goes beyond mere simulation; it views Role Play as a resource that can enrich students' understanding of the roles they portray. By understanding Role Play as a resource, this method is implemented in Indonesian language learning in the 8th-grade class at SMPN 1 Hantara with the aim of enhancing students' speaking skills.

Keywords: role play, speaking skills, learning method, strategy, role understanding

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27