KAJIAN LITERATUR REVIEW PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.456Abstrak
ABSTRAK
Dalam era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, media pembelajaran interaktif menjadi relevan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia di kalangan siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menyajikan kajian literatur terkait pengembangan media pembelajaran interaktif dengan fokus pada kosakota. Dengan merinci konsep dasar pembelajaran interaktif, peran kosakota dalam keterampilan berbahasa, dan strategi pengembangan, penelitian ini membahas teori-teori pendidikan dan linguistik sebagai dasar teoritis untuk pengembangan media pembelajaran interaktif. Melalui identifikasi sumber literatur, analisis kritis, dan sintesis temuan, penelitian ini memberikan landasan teoritis yang kokoh untuk pengembangan media pembelajaran interaktif di tingkat SMP.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif; kosakata bahasa Indonesia; siswa kelas VIII SMP; kajian literatur; pengembangan media pembelajaran
LITERATURE REVIEW REVIEW OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA DEVELOPMENT TO IMPROVE MASTERY OF INDONESIAN VOCABULARY FOR GRADE VIII JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
ABSTRACT
In the era of information and communication technology advancement, interactive learning media remains relevant in improving the vocabulary mastery of 8th-grade students in junior high schools. This research presents a literature review on the development of interactive learning media, focusing on vocabulary. By detailing the fundamental concepts of interactive learning, the role of vocabulary in language proficiency, and development strategies, this study explores educational and linguistic theories as a theoretical foundation for the development of interactive learning media. Through the identification of literature sources, critical analysis, and synthesis of findings, this research provides a robust theoretical framework for the development of interactive learning media at the junior high school level.
Keywords: interactive learning media; Indonesian language vocabulary; 8th-grade junior high school students; literature review; learning media development
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lindawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.