PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEER REVIEW SMPN 1 KARANGKANCANA

Penulis

  • Aju Rasju

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.455

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas teknik peer review dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi di SMPN 1 Karangkancana. Fokus penelitian adalah pada perubahan kemampuan siswa dalam menggambarkan objek atau kejadian secara jelas dan mendetail setelah menerapkan teknik peer review. Artikel ini membahas konsep dasar teks deskripsi, penggunaan bahasa deskriptif, dan struktur organisasi teks. Selanjutnya, artikel menjelaskan teknik peer review sebagai metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memberikan umpan balik konstruktif terhadap tulisan teman sejawatnya. Proses pembelajaran terintegrasi dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis. Melalui metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental, data dianalisis menggunakan pretest dan post-test. Hasil analisis deskriptif statistik menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis siswa setelah penerapan teknik peer review. Rata-rata nilai posttest mencapai 86.00 dengan deviasi standar 4.801, menunjukkan konsistensi peningkatan kemampuan di antara partisipan.Temuan ini memberikan dukungan empiris terhadap efektivitas teknik peer review sebagai strategi pembelajaran yang berhasil meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Artikel ini berpotensi menjadi landasan bagi pengembangan strategi pembelajaran inovatif dan efektif di tingkat sekolah menengah.

Kata kunci: kemampuan menulis; karangan deskripsi, peningkatan, teknik peer review; smpn 1 karangkancana.\

IMPROVING DESCRIPTIVE ESSAY WRITING SKILLS THROUGH PEER REVIEW TECHNIQUE AT SMPN 1 KARANGKANCANA

 

ABSTRACT

This study aims to evaluate the effectiveness of the peer review technique in enhancing descriptive essay writing skills at SMPN 1 Karangkancana. The research focuses on students' improvements in depicting objects or events clearly and in detail after implementing the peer review technique. The article delves into the fundamental concept of descriptive text, the use of descriptive language, and the organizational structure of the text. Furthermore, it explains the peer review technique as a learning method involving students in providing constructive feedback on their peers' writings. The integrated learning process aims to boost students' motivation in writing. Through a quantitative descriptive research method with an experimental design, data are analyzed using pretests and post-tests. Descriptive statistical analysis reveals a significant improvement in students' writing skills after applying the peer review technique. The average post-test score reaches 86.00 with a standard deviation of 4.801, indicating consistent improvement among participants. These findings provide empirical support for the effectiveness of the peer review technique as a successful learning strategy for enhancing descriptive essay writing skills. This article has the potential to serve as a foundation for the development of innovative and effective learning strategies at the secondary school level.

Keywords: writing skills; descriptive essays; improvement; peer review technique; smpn 1 karangkancana

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27