PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA

Penulis

  • Ani Yunani

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.453

Abstrak

ABSTRAK

Pembelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan sebagai suatu proses belajar mengajar dalam rangka mengembangkan kreativitas berpikir siswa pada usia sekolah menengah dalam belajar bernalar secara kritis. Anak sekolah menengah pada umumnya kesulitan untuk memahami Bahasa Indonesia dengan materi menulis teks deskripsi. Mengajarkan Bahasa Indonesia juga harus mengajarkan konsep Bahasa dengan menghubungkan dengan masalah dalam kehidupan seharihari seperti kearifan lokal. Model pembelajaran Project Based Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menerapkan model pembelajaran PjBL dengan media ausio visual pada siswa kelas VII B SMP N 2 Banjarharjo tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan II siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 2 Banjarharjo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik pada siswa kelas VII B SMP N 2 Banjarharjo. peningkatan persentase yaitu pada siklus I dengan persentase 68% menjadi 80%. Selain itu, terdapat pula peningkatan perolehan rata-rata nilai tes siklus I sebesar 74 dan rata-rata nilai tes siklus II sebesar 80% Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi.

Kata kunci: Kemampuan menulis; teks deskripsi; Model Pembelajaran PjBL; audio visual

THE INFLUENCE OF PROJECT BASED LEARNING MODELS ON STUDENTS' DESCRIPTION TEXT WRITING ABILITY

ABSTRACT

Learning Indonesian is intended as a teaching and learning process in order to develop the creativity of thinking of students at secondary school age in learning to reason critically. Middle school children generally have difficulty understanding Indonesian when writing descriptive texts. Teaching Indonesian must also teach language concepts by connecting them with problems in everyday life such as local wisdom. The Project Based Learning learning model with audio visual media can improve the ability to write descriptive text in learning. This research aims to improve the ability to write descriptive text by applying the PjBL learning model with audio-visual media for class VII B students at SMP N 2 Banjarharjo in the 2023/2024 academic year. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The research design uses II cycles. The subjects of this research were 25 students in class VII B of SMP N 2 Banjarharjo. The data collection techniques used in this research are observation and tests. Data collection instruments are test questions and observation sheets. The results of the research showed that there was an increase in students' ability to write descriptive text in class VII B of SMP N 2 Banjarharjo. the percentage increase was in cycle I with a percentage of 68% to 80%. Apart from that, there was also an increase in the average test score for cycle I of 74 and the average test score for cycle II of 80%. Thus, the hypothesis proposed is that the application of the Project Based Learning learning model with audio-visual media can improve the ability to write descriptive text.

Keywords: Writing skills; descriptive text; PjBL Learning Model; audio visual

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27