Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SDN Rungkang 02
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.451Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia di SDN Rungkang 02. Berdasarkan metode deskriptif dengan satu perlakuan, penelitian ini melibatkan siswa kelas 4 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner tentang motivasi belajar Bahasa Indonesia, observasi partisipasi siswa, dan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam lima indikator, termasuk keterlibatan siswa, relevansi konten pembelajaran, pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi dan komunikasi, serta kemandirian siswa. Temuan ini menegaskan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SD.
Kata kunci: Problem Based Learning, motivasi belajar; Bahasa Indonesia; SDN Rungkang 02
Application of Problem Based Learning to Increase Indonesian Learning Motivation at SDN Rungkang 02
ABSTRACT
This study aims to explore the application of Problem Based Learning (PBL) in increasing Indonesian learning motivation at SDN Rungkang 02. Based on a descriptive method with one treatment, this study involved grade 4 students as research subjects. The research instrument consisted of questionnaires on Indonesian learning motivation, observation of student participation, and interviews with Indonesian teachers. The results of the analysis showed significant improvements in five indicators, including student engagement, relevance of learning content, development of critical thinking skills, collaboration and communication, and student independence. These findings confirm that PBL is effective in increasing student motivation and making a positive contribution to Indonesian learning at the elementary level.
Keywords: Problem Based Learning; learning motivation; Indonesian Language; SDN Rungkang 02
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riyanti Novitasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.