MODEL PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KETERAMPILAN MENULIS DESCRIPTIVE TEXT BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Sri Aminah
  • Iman Rukmana

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.447

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas dua siklus ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks Deskriptif siswa melalui penggunaan Picture Word Inductive Model (PWIM). Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dengan subjek 24 siswa. Ada dua jenis data yaitu data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif dikumpulkan dari tes tulis. Hasil menunjukkan bahwa: pertama, Picture Word Inductive Model (PWIM) membantu siswa untuk menghasilkan dan mengatur gagasan dalam mengidentifikasi dan memberi label pada langkah gambar. Kedua, Picture Word Inductive Model (PWIM) memperkaya kosakata siswa dalam membaca dan mengulas kata gambar. Ketiga, Picture Word Inductive Model (PWIM) meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa dengan menerapkan langkah-langkah yang menghasilkan kata-kata menjadi kalimat dan paragraf. Keempat, membaca dan mengkaji ulang kalimat dan langkah paragraf memungkinkan siswa untuk lebih memperhatikan aspek mekanis seperti ejaan dan tanda baca. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa. Skor rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 66,4 dan pada siklus 2 adalah 73,8. Ketuntasan belajar siswa di siklus 1 adalah 48% dan siklus II sebesar 84%. Hasil observasi menunjukkan bahwa setelah belajar dan mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM), siswa menjadi lebih penuh perhatian, aktif, lebih bahagia dan dapat menarik minat siswa di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-3 SMPN 65 Kota Bandun Genap tahun pelajaran 2023-2024.

Kata kunci: Model Pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM); Peningkatan Hasil Belajar Siswa

PICTURE WORD INDUCTIVE LEARNING MODEL IN IMPROVING MOTIVATION FOR ENGLISH DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILLS

ABSTRACT

This second-cycle class action research aims to improve students' descriptive writing skills through the use of the Picture Word Inductive Model (PWIM). Each cycle consists of four meetings with a subject of 24 students. There are two types of data, namely qualitative data obtained through observation and quantitative data collected from written tests. The results show that: first, the Picture Word Inductive Model (PWIM) helps students to generate and organize ideas in identifying and labeling the steps of the picture. Second, the Picture Word Inductive Model (PWIM) enriches students' vocabulary in reading and reviewing picture words. Third, the Picture Word Inductive Model (PWIM) increases students' grammar mastery by applying steps that produce words into sentences and paragraphs. Fourth, reading and reviewing sentences and paragraph steps allows students to pay more attention to mechanical aspects such as spelling and punctuation. The results of this study indicate an increase in students' writing skills. The average score of students in cycle 1 was 66.4 and in cycle 2 was 73.8. Students' mastery learning in cycle 1 was 48% and cycle II was 84%. Observation results show that after learning and teaching by using the Picture Word Inductive Model (PWIM) learning model, students become more attentive, active, happier and can attract students' interest in class so that they can improve student learning outcomes in class VII-3 SMPN 65 Kota Bandung Semester 2023 – 2024 school year.

Keywords: Picture Word Inductive Model (PWIM) Learning Model; Improved Student Learning Outcomes

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27