PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN WRITING DALAM TEKS RECOUNT
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.446Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis dalam teks recount melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sindangagung kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Sebelum proses pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning berada pada kategori rendah dengan nilai rata rata 58,13 dan setelah penerapan Problem Based Learning terjadi peningkatan motivasi dengan nilai rata rata adalah 77,98 dan termasuk dalam kategori nilai yang tinggi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Kata kunci:Problem Based Learning; Teks Recount; hasil belajar siswa
THE APPLICATION OF PROBLEM BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENT’S MOTIVATION IN WRITING SKILL LEARNING OF RECOUNT TEXT
ABSTRACT
This research aims to improve student’s motivation in writing skill of recount text by applying Problem Based Learning model. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The subjects of the reasearch was the eight graders of SMPN 2 Sindangagung in Kuningan regency in the academic year of 2023/2024. The research data obtained through observation and test. Student learning motivation before applying the Problem Based Learning model was in the low category with the average height of 58,13 and after applying the Problem Based Learning the average score of students' learning motivation increased to 77,98 which is in the high category. Based on the results of this research it can be concluded that the application of the Problem Based Learning model can increase learning activities, learning motivation and students' learning outcomes.
Keywords: Problem Based Learning; recount text; student’s learning outcome
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Evi Lesmini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.