PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN NARRATIVE TEXT
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.444Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) memperoleh gambaran proses pembelajaran menulis siswa kelas IX dengan menggunakan media puzzle game; dan 2) memperoleh hasil pembelajaran menulis siswa kelas IX dengan menggunakan media puzzle game. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Cisaga yang berjumlah 32 orang; Siswa laki-laki berjumlah 17 orang dan siswa perempuan berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi melalui proses pencatatan dan evaluasi dalam kegiatan menulis. Data yang diperoleh dideskripsikan, dianalisis, dan kemudian direfleksikan. Pelaksanaan tindakan dibagi dalam dua siklus dengan tema yang berbeda-beda. Setiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Pembelajaran pada siklus I bertema Narrative Text (Legend), siklus II bertema Narrative Text (Fairytales). Temuan pada siklus I menunjukkan siswa belum dapat mengerjakan Fill in the blank dari soal yang disediakan, pada siklus II siswa kebingungan ketika ditugaskan untuk membuat summary cerita Narrative Text yang dipilih, siswa masih memerlukan bimbingan guru untuk menyusun puzzle gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media puzzle gambar dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menulis siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60 dan pada siklus II sebesar 81 dari rata-rata perolehan nilai teresebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dan perolehan nilai sangat signifikan.
Kata kunci: Pembelajaran Menulis; Teks Naratif; Permainan Puzzle
THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) MODEL IN ENHANCING WRITING MOTIVATION USING NARRATIVE TEXT
ABSTRACT
The aim of this research is to: 1) obtain an overview of the writing learning process of class IX students using puzzle game media; and 2) obtain writing learning outcomes for class IX students using puzzle game media. The method used was Classroom Action Research with research subjects of class IX D students of SMP Negeri 1 Cisaga, totaling 32 people; There are 17 male students and 15 female students. Data collection was carried out by conducting observations, interviews, field notes, and documentation through the process of recording and evaluating writing activities. The data obtained is described, analyzed, and then reflected. Implementation of the action is divided into two cycles with different themes. Each cycle consists of three actions. Learning in cycle I has the theme Narrative Text (Legend), cycle II has the theme Narrative Text (Fairytales). The findings in cycle I showed that students had not been able to do Fill in the blank from the questions provided, in cycle II students were confused when they were assigned to create a summary of the selected Narrative Text story, students still needed teacher guidance to put together a picture puzzle. The conclusion of this research is that picture puzzle media can improve students' writing learning processes and outcomes. This can be seen from the increase in learning outcomes in each cycle. The average student learning outcomes in cycle I was 60 and in cycle II was 81. From the average score obtained, it can be concluded that this research was successful and the score obtained was very significant.
Keywords: Writing Learning; Narrative Text; Puzzle Game
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Erlina Darmayanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.