MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA DESKRIPTIF TEKS

Penulis

  • Etih Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.443

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII selalu kurang bagus. Setiap kali belajar mereka selalu kelihatan bosan dan tidak bisa menjawab pertanyaan, sehingga seringkali kelas menjadi ribut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mencari masalah dan menemukan solusi agar proses belajar bahasa Inggris menyenangkan dan tidak membosankan siswa. (2) meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris aspek membaca pemahaman (Reading Comprehension). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 6 Banjarsari pada bulan Januari sampai Februari 2024. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah TesTertulis untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I prosentasi rata-rata siswa yang sudah tuntas 35%, pada siklus II prosentase rata-rata siswa yang sudah tuntas 95%. Hal ini sesuai dengan indikator keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu prosentase keberhasilan rata-rata minimal 75%. Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan bahwa di kelas VIII SMP Negeri 6 Banjarsari dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Kata kunci: Hasil belajar; Bahasa Inggris; Cooperative learning

IMPROVING READING SKILLS WITH PROBLEM-BASED LEARNING MODEL IN DESCRIPTIVE TEXT

ABSTRACT

This research was conducted based on learning outcomes of English of students class VIII are always bad. Every time, they always seem boring and unable to answer the question, so the classroom becomes noisy. This study aims to: (1) find the problem and find a solution so that the learning process fun and not boring for students, (2) improving the learning outcomes of students of class VIII in English Learning aspect reading comprehension. This research was conducted at the Junior High School 6 Banjarsari in Januari until February 2024. This study used action research method in 2 cycles and each cycle consisted of 3 meetings. The instrument used in this method was: a written test to determine the ability of reading comprehension, observation sheets, field notes. The results of this study showed that in the fisrt cycle the average percentage of students who have completed 35%, the second cycles of the average percentage of students who have completed 95%. This was in accordance with pre-determined indicators of success namely the success percentage of average of at least 75%. The conclution of this research that the ability of reading comprehension using Cooperative Learning Method in class VIII SMP Negeri 6 Banjarsari. can improve student’s ability in reading comprehension.

Keywords: Learning Outcomes; English Language; Cooperative Learning

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27