PROBLEM BASED LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Penulis

  • Susilawati

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.442

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media gambar terhadap kemampuan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest design dengan melibatkan 20 siswa dari SMP 2 Cigugur. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, serta observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan metode PBL dengan media gambar. Sebagian besar siswa mampu menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas, menyampaikan pemikiran dengan susunan yang sistematis dan jelas, serta menggunakan media gambar dengan kreatif untuk mendukung presentasi mereka. Meskipun terdapat ruang untuk perbaikan dalam aspek kerjasama dalam kelompok, metode PBL tetap terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara menyeluruh. Implikasi penelitian ini adalah bahwa metode PBL dengan media gambar dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata kunci: Problem Based Learning; kemampuan berbicara; media gambar; evaluasi

 

PROBLEM-BASED LEARNING CAN IMPROVE STUDENTS' SPEAKING SKILLS BY USING IMAGE MEDIA

ABSTRACT

This study aims to evaluate the impact of the application of Problem Based Learning (PBL) learning methods using image media on students' speaking skills. The research method used was pretest-posttest design involving 20 students from SMP 2 Ciautumn. Data was collected through pretest and posttest, as well as observation during the learning process. Data analysis was performed using descriptive statistics. The results showed a significant improvement in students' speaking skills after applying the PBL method with image media. Most students are able to explain key concepts clearly, convey thoughts in a systematic and clear arrangement, and use image media creatively to support their presentations. Although there is room for improvement in the aspect of cooperation in groups, the PBL method has still proven effective in improving students' overall speaking skills. The implication of this study is that the PBL method with image media can be an effective approach in improving students' speaking skills.

Keywords: Problem Based Learning; speaking skills; image media; evaluation

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27