PROBLEM BASED LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.442Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media gambar terhadap kemampuan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest design dengan melibatkan 20 siswa dari SMP 2 Cigugur. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, serta observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan metode PBL dengan media gambar. Sebagian besar siswa mampu menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas, menyampaikan pemikiran dengan susunan yang sistematis dan jelas, serta menggunakan media gambar dengan kreatif untuk mendukung presentasi mereka. Meskipun terdapat ruang untuk perbaikan dalam aspek kerjasama dalam kelompok, metode PBL tetap terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara menyeluruh. Implikasi penelitian ini adalah bahwa metode PBL dengan media gambar dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Kata kunci: Problem Based Learning; kemampuan berbicara; media gambar; evaluasi
PROBLEM-BASED LEARNING CAN IMPROVE STUDENTS' SPEAKING SKILLS BY USING IMAGE MEDIA
ABSTRACT
This study aims to evaluate the impact of the application of Problem Based Learning (PBL) learning methods using image media on students' speaking skills. The research method used was pretest-posttest design involving 20 students from SMP 2 Ciautumn. Data was collected through pretest and posttest, as well as observation during the learning process. Data analysis was performed using descriptive statistics. The results showed a significant improvement in students' speaking skills after applying the PBL method with image media. Most students are able to explain key concepts clearly, convey thoughts in a systematic and clear arrangement, and use image media creatively to support their presentations. Although there is room for improvement in the aspect of cooperation in groups, the PBL method has still proven effective in improving students' overall speaking skills. The implication of this study is that the PBL method with image media can be an effective approach in improving students' speaking skills.
Keywords: Problem Based Learning; speaking skills; image media; evaluation
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Susilawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.