MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM DESCRIPTIVE TEXT DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.441Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis peserta didik pada descriptive text melalui penerapan Model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan yang berjumlah 24 orang. Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini diperoleh dari guru dan peserta didik. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Permasalahan yang didapatkan yaitu rendahnya siswa dalam menulis descriptive text. Permasalahan yang terjadi membuat peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan data kuanitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan nilai keterampilan menulis siswa terjadi secara bertahap, pada siklus 1 rata-rata 64,4, pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 81,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan.
Kata kunci: keterampilan menulis; problem based learning
IMPROVING WRITING SKILLS IN DESCRIPTIVE TEXT BY APPLYING THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL
ABSTRACT
This research aims to determine the increase in students' skills in writing descriptive text through the application of the Problem Based Learning Model. The subjects of this research were 24 students in class VII A of SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan. The research carried out included classroom action research carried out in 2 cycles. Each cycle consists of planning, implementing actions, observing and reflecting. The data sources obtained from this research were obtained from teachers and students. Data was obtained through observationand test. The problem found is the lack of students’ skills in writing descriptive text. This research uses qualitative data. Based on the research results, it was found that the average increase in students' writing skills in cycle 1 it was still in the category of not fulfilling completeness with a percentage of 64,4, in cycle 2 the percentage increased to 81,1. The conclusion of this research is that the Problem Based Learning learning model can increase in writing skills of descriptive text in class VII A students at SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan.
Keywords: Writing skills; The Problem Based Learning
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aap Siti Hapsah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.