MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM DESCRIPTIVE TEXT DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Aap Siti Hapsah

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.441

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis peserta didik pada descriptive text melalui penerapan Model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan yang berjumlah 24 orang. Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini diperoleh dari guru dan peserta didik. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Permasalahan yang didapatkan yaitu rendahnya siswa dalam menulis descriptive text. Permasalahan yang terjadi membuat peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan data kuanitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan nilai keterampilan menulis siswa terjadi secara bertahap, pada siklus 1 rata-rata 64,4, pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 81,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan.

Kata kunci: keterampilan menulis; problem based learning

IMPROVING WRITING SKILLS IN DESCRIPTIVE TEXT BY APPLYING THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL

ABSTRACT

This research aims to determine the increase in students' skills in writing descriptive text through the application of the Problem Based Learning Model. The subjects of this research were 24 students in class VII A of SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan. The research carried out included classroom action research carried out in 2 cycles. Each cycle consists of planning, implementing actions, observing and reflecting. The data sources obtained from this research were obtained from teachers and students. Data was obtained through observationand test. The problem found is the lack of students’ skills in writing descriptive text. This research uses qualitative data. Based on the research results, it was found that the average increase in students' writing skills in cycle 1 it was still in the category of not fulfilling completeness with a percentage of 64,4, in cycle 2 the percentage increased to 81,1. The conclusion of this research is that the Problem Based Learning learning model can increase in writing skills of descriptive text in class VII A students at SMP Negeri 2 Sindangagung Kuningan.

Keywords: Writing skills; The Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27