IMPROVING STUDENTS WRITING SKILL OF NARRATIVE TEXT THROUGH PROJECT BASED LEARNING FOR VII GRADE SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG in Academic Year 2020/2021

Penulis

  • Wuri Retno Purwanti

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.440

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model project based learning untuk meningkatkan kemampuan menulis pada materi narrative text pada kelas VII SMP Negeri 1 Ciawigebang pada tahun pelajaran 2020/2021. Pada era pandemi ini penelitian dilakukan secara online dan memang sudah berlangsung pembelajaran secara daring menggunakan google meet dan google classroom. Penelitian ini dikategorisasi sebagai Penelitian Tindakan Kelas dimana untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah pada kemampuan menulis siswa. Jumlah peserta didik yang ada dikelas sebanyak 35. Pada Penelitian Tindakan Kelas, Penulis mengimplementasikan model Kurt Lewin’s yang terdiri dari 4 tahap. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil temuan dari penelitian ini adalah: (1) Hubungan pada hasil test, yaitu sebesar 24,09 % peningkatan rata rata skor writing setelah menggunakan model Project based learning. (2) Hasil Pengamatan menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan tertarik pada aktivitas menulis didalam google classroom. Bahkan, peserta didik mampu untuk menganalisa teks dan mendapatkan informasi dari teks dengan baik. (3) Hasil interview menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis pada materi narrative text meningkat dan membantu guru dalam menemukan metode yang tepat untuk mengajarkan kemampuan menulis khususnya pada materi narrative text.

Kata kunci: Keterampilan Menulis; Teks Naratif; Pembelajaran Berbasis Proyek

IMPROVING STUDENTS WRITING SKILL OF NARRATIVE TEXT THROUGH PROJECT BASED LEARNING FOR VII GRADE SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG in Academic Year 2020/2021

 

ABSTRACT

The aim of this study is to investigate how the application of Project Based Learning to enhance the writing skill in narrative text of Grade VII students in in SMP Negeri 1 Ciawigebang academic year 2020/2021. In this pandemic era the study was hold by online, thus the learning process by online using google meet and google classroom. This study is categorized as the Classroom Action Research (CAR) method in which to identify and to solve the problem on students’ writing skill. The number of students in that class is 35. In this Classroom Action Research, the writer implements the Kurt Lewin’s design which consists of four phases. Therefore, this study is included into quantitative descriptive research. The findings of this study are: (1) related to the test result, there was 24.09% improvement of students’ mean writing score after using Project Based Learning. (2) Related to the observation result showed that the students were more active and interested in writing activity in the classroom. Indeed, they were able to analyze the text and to get information from the text well. (3) Related to the interview result, it could be known that the students’ writing skill in term of narrative text has improved and also assisted the teacher in finding the appropriate method in teaching writing especially narrative text.

Keywords: Writing Skill; Narrative Text; Project Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27