PENGARUH PEMBELAJARAN PROJEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Penulis

  • Adis Susanto

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.437

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran B. Indonesia mengenai materi teks laporan hasil observasi. Pendekatan ini mengeksplorasi dampak positif dari PjBL dalam konteks mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada bab Teks Laporan Hasil Observasi. Penelitian dilakukan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan PjBL dalam dua siklus. Pada Pra Siklus, pembelajaran menggunakan model ceramah dengan persiapan materi secara menyeluruh, namun hasil belajar masih rendah dengan nilai rata-rata 56 dan persentase ketuntasan 20%. Pada Siklus 1, PjBL diterapkan melibatkan siswa dalam proyek kolaboratif, hasilnya menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 69,43 dengan persentase ketuntasan 53%. Pada Siklus 2, implementasi PjBL mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai nilai rata-rata 80,13 dan persentase ketuntasan 86,67%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut mencakup peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan, serta motivasi dan partisipasi aktif siswa. Meskipun PjBL memiliki tantangan dalam manajemen kelas, kelebihannya dalam memberikan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa membuatnya menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa PjBL dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran dalam mata pelajaran B. Indonesia mengenai materi teks laporan hasil observasi siswa secara signifikan. Saran untuk peningkatan implementasi PjBL melibatkan pelatihan lanjutan bagi guru, penyusunan proyek yang lebih relevan, evaluasi berkala, dan dukungan infrastruktur yang memadai. Dengan demikian, PjBL dapat menjadi alternatif pendekatan pembelajaran yang efektif dalam konteks pengembangan keterampilan menulis siswa.

Kata kunci: pembelajaran projek(PjBL); teks laporan hasil observasi

THE EFFECT OF PROJECT LEARNING ON INDONESIAN LANGUAGE SUBJECT MATTER OF OBSERVATION REPORT TEXT

ABSTRACT

This research explores the influence of the Project-Based Learning (PjBL) teaching model on the Indonesian language subject regarding the material of observation report texts. The approach investigates the positive impact of PjBL in the context of the Indonesian language subject, specifically in the chapter on Observation Report Texts. The study is conducted through the Classroom Action Research (CAR) method by implementing PjBL in two cycles. In the Pre-cycle, learning utilizes a lecture model with thorough material preparation, but the learning outcomes are still low with an average score of 56 and an achievement percentage of 20%. In Cycle 1, PjBL is applied, involving students in collaborative projects, resulting in an increase in the average score to 69.43 with an achievement percentage of 53%. In Cycle 2, the implementation of PjBL experiences a significant improvement, reaching an average score of 80.13 and an achievement percentage of 86.67%. The research results indicate that PjBL has a significant positive impact on students' learning outcomes. This improvement includes an increase in average scores and achievement percentages, as well as increased motivation and active student participation. Despite challenges in classroom management, PjBL's advantages in providing contextual and relevant learning experiences for students make it an effective teaching approach. The conclusion of this study shows that PjBL can significantly enhance learning abilities in the Indonesian language subject, particularly regarding observation report text materials. Recommendations for improving PjBL implementation involve advanced training for teachers, the development of more relevant projects, periodic evaluations, and adequate infrastructure support. Thus, PjBL can be an effective alternative teaching approach in the context of developing students' writing skills.

Keywords: project-based learning (PjBL); observation report text

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27