PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 3 SD NEGERI BANJARHARJA 07

Penulis

  • Rudatin Sumiratsih

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.434

Abstrak

ABSTRAK

Metode pembelajaran adalah salah satu cara guru untuk memberikan pembelajaran yang layak pada penerima pembelajaran atau peserta didik, cara yang jelas dan sistematis merupakan salah satu instrumen bagi guru untuk menyampaikan sesuatu pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas SD Negeri Banjarharja 07. Penelitian ini terjadi dikarenakan pentingnya dalam menggunakan atau menentukan model pembelajaran pada pembelajaran sekolah,sehingga tercapainya tujuan akhir pendidikan. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam metode penyelesaian masalah pada peserta didik dalam penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif,Sehingga dalam proses penelitian dapat memudahkan pembaca dalam mengkaji serta menelaah proses yang terjadi dalam penelitian ini.Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi non-partisipan yang dalam pelaksanaannya, peneliti tidak terlibat dalam kegiatan informan yang diteliti. Setelah penelitian ini dilakukan Dari hasil yang telah diteliti ditemukan fakta bahwa model pembelajaran problem based learning merupakan metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas 3 dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

Kata kunci: model pembelajaran; pembelajaran berbasis masalah; pelajaran bahasa indonesia

IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL IN INDONESIAN LANGUAGE LESSONS FOR 3RD GRADE STUDENTS AT SD NEGERI BANJARHARJA 07

ABSTRACT

Learning methods are one way for teachers to provide appropriate learning to learning recipients or students. A clear and systematic method is one of the instruments for teachers to convey learning. The research aims to find out how the learning models used by teachers are implemented in Indonesian language subjects for the Banjarharja 07 Public Elementary School class. This research occurred because of the importance of using or determining learning models in school learning, so that the ultimate goal of education is achieved. The use of the Problem Based Learning learning model in problem solving methods for students in this research is expected to improve learning outcomes in Indonesian language lessons. The method used in this research is a descriptive qualitative method, so that the research process can make it easier for readers to study and examine the processes that occur in this research. The data collection technique used in this research is using non-participant observation, which in its implementation, the researcher did not involved in the activities of the informants studied. After this research was carried out, the results of the research found that the problem based learning model is a learning method that can be applied in class 3 and can improve student learning outcomes.

Keywords: Learning Model; Problem Based Learning; Indonesian Language Lessons

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27