MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MELALUI APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 CINIRU

Penulis

  • Rohani

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.433

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk memastikan keterlaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Ciniru, Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penggunaan media Aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks prosedur bahasa Indonesia. Jenis penelitian dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2023/2024 Kelas VII B dengan jumlah 32 Siswa dengan pengambil sampel 12 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan di setiap siklus terdiri dari rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk pengumpulan data bersumber dari tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Setelah mendapatkan tindakan menggunakan aplikasi canva melalui kegiatan pada siklus 1, kemampuan kreatifitas siswa meningkat, yaitu jumlah siswa yang nilainya termasuk dalam kategori kelompok bawah sebanyak 2 siswa atau 16,70%% dan yang termasuk dalam kategori kelompok menengah sejumlah 2 siswa atau 16,70%, sedangkan 5 siswa atau 41,61% termasuk dalam kategori kelompok atas yaitu mendapatkan nilai 85 ke atas. Pada siklus 2, kemampuan menulis siswa dalam membuat teks prosedur semakin meningkat ada 1 siswa atau 8,33% yang nilainya kurang dari KKM, sebanyak 2 siswa atau 16,70% mendapatkan rentang nilai 78-84, dan sejumlah 9 siswa atau 75,00 % termasuk dalam kategori kelompok atas karena memperoleh nilai 85- 100. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan aplikasi canva sebagai media dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur bahasa Indonesia. hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase skor motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.

Kata kunci: canva; kemampuan menulis; prosedur Text

IMPROVING STUDENTS' PROCEDURE TEXT WRITING SKILLS USING MEDIA THROUGH THE CANVA APPLICATION IN GRADE VII STUDENTS OF SMPN 1 CINIRU

ABSTRACT

This research is Classroom Action Research (PTK) aimed at ensuring the implementation of online learning at SMP Negeri 1 Ciniru, Belajar. The aim of this research is to describe the use of the Canva Application media to improve students' writing skills in Indonesian prosedural texts. The type of research in this research is Classroom Action Research (PTK). This classroom action research was carried out in class VII semester 1 of the 2023/2024 academic year Class VII B with a total of 32 students with a sample of 12 students.This classroom action research was carried out in 2 cycles. The stages in each cycle consist of plan, action, observation and reflection. Data collection comes from tests, observations, interviews and field notes. After receiving action using the Canva application through cycle 1, students' creative abilities increased, namely the number of students whose scores were included in the lower group category was 2 students or 16.70%% and those included in the middle group category were 2 students or 16.70% , while 5 students or 41.61% were included in the upper group category, namely getting a score of 85 and above. In cycle 2, students' writing skills in creating prosedural texts increased, there was 1 student or 8.33% whose score was less than KKM, 2 students or 16.70% got a score range of 78-84, and 9 students or 75.00 % is included in the upper group category because they received a score of 85-100. The conclusion of this research is that using the Canva application as a medium can improve students' ability to write Indonesian prosedural texts. This can be proven by an increase in the percentage of learning motivation scores and student learning outcomes in each cycle.

Keywords: canva; prosedur text; writing ability

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-22