PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.431Abstrak
ABSTRAK
Untuk meningkatkan penguasaan materi pada mata belajaran Bahasa Indonesia, diperlukan adanya motivasi dan juga keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada saat ini, tingkat keaktifan peserta didik dalam belajar di pendidikan menengah pertama sangat kurang, begitu juga dengan peserta didik di SMPN 2 Lebakwangi. Peserta didik di SMPN 2 Lebakwangi, terutama pada tingkat kelas VII dirasa masih kurang dari standar yang ditetapkan di sekolah. Hal ini tercermin dari masih rendahnya tingkat capaian Kriteria Ketuntasan Minimal Peserta Didik terutama pada materi pembelajaran Surat Dinas dan Surat Pribadi. Data menunjukkan bahwa hanya 40% peserta didik yang mampu mencapai batas kriteria ketuntasan minimal sebelum dilakukannya tahapan penelitian. Permasalahan ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi surat dinas dan surat pribadi, dan juga meningkatkan capaian kriteria ketuntasan minimal peserta didik. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode survey dan tinjauan literatur. Adapun instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan lkpd peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kelas VII SMPN 2 Lebakwangi. Penelitian dilakukan pada 21 orang siswa SMP kelas VII di SMPN 2 Lebakwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan canva sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai materi surat dinas dan surat pribadi, dan juga terbukti meningkatkan pencapaian kriteria ketuntasan minimal peserta didik. Data menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi canva terbukti mampu meningkatkan tingkat pencapaian peserta didik yang melampaui kriteria ketuntasan minimal sampai angka 80%.
Kata kunci: Canva; Surat dinas dan surat pribadi; Project Based Learning
UTILIZING CANVA AS A LEARNING MEDIA TO ENHANCE STUDENTS' PROFICIENCY IN OFFICIAL AND PERSONAL LETTER WRITING MATERIALS
ABSTRACT
To improve mastery of the Indonesian language curriculum, motivation and active participation of students in the learning process are essential. Currently, the level of student engagement in learning at the junior high school level is quite low, including at SMPN 2 Lebakwangi. Students at SMPN 2 Lebakwangi, especially in the seventh grade, are considered to fall below the school's set standards. This is reflected in the low achievement levels in the Minimum Completion Criteria for students, especially in the subjects of Official Letters (Surat Dinas) and Personal Letters (Surat Pribadi). Data indicates that only 40% of students were able to reach the minimum completion criteria before the research intervention. This issue prompted the researcher to conduct a study with the aim of improving students' proficiency in mastering the material of official and personal letters, as well as enhancing the achievement of minimum completion criteria. In conducting the research, the researcher employed a qualitative approach using survey methods and literature reviews. The instruments used included observation sheets and worksheets for students. This study aimed to address the issues occurring in the seventh-grade class at SMPN 2 Lebakwangi, involving 21 students. The research results demonstrate that the use of Canva as a learning media successfully enhances students' abilities to grasp the content of official and personal letters, also proven to improve students' achievement in meeting the minimum completion criteria. The data indicates that the use of the Canva application effectively increases the level of student achievement beyond the minimum completion criteria, reaching 80%.
Keywords: Canva; Official and Personal Letters; Project-Based Learning
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Pepi Sri Amalia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.