PENGGUNAAN TEHNIK CLOZE (DILITON) PADA PEMBELAJARAN PUISI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS 7 SMPN 2 MALEBER KABUPATEN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.430Abstrak
ABSTRAK
Puisi merupakan materi sastra yang ada di dalam pelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Karena puisi merupakan suatu karya sastra yang dilupakan secara sepontan dengan mempergunakan imajinasi sebagai pembantu akal pikiran, maka dalam penyajian puisi pada siswa hendaknya menggunakan suatu cara atau tehnik yang tepat agar siswa dapat berimajinasi seperti yang dilakukan oleh pengarang. Dengan daya imajinasi yang kuat terhadap puisi. Salah satu tehnik atau cara yang dapat meningkatkan daya imajinasi siswa terhadap puisi adalah degan menggunakan tehnik cloze (dilition) atau kelesapan, artinya menghilangkan atu melepaskan sebuah (atau lebih) kata pada larik /baris puisi. Dalam penelitian itu penulis merancang tiga siklus yang masing-masing siklus mengalami empat tahapan, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2023 (Semester II) di kelas VIII A SMP Negeri 2 Maleber Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2022/2023 serta berjumlah 20 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian penggunaan tehnik cloze (dilition) pada pembelajaran puisi dapatlah disimpulkan sebagai berikut : (1) Pembelajaran / penyajian puisi di kelas dengan menggunkan tehnik cloze dapat meningkatkan aktivitas siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maleber Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2022/2023 selama proses pembelajaran, dan (2) Penggunaan tehnik cloze dalam pembelajaran puisi dapat meningkatkan prestasi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maleber Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: kreativitas siswa; tehnik cloze (diliton)
THE USE OF THE CLOZE TECHNIQUE (DILITON) IN POETRY LEARNING TO ENHANCE THE CREATIVITY OF 7TH GRADE STUDENTS AT SMPN 2 MALEBER, KUNINGAN DISTRICT
ABSTRACT
Poetry was a literary material present in the Indonesian language lessons in junior high school. Because poetry is a literary work forgotten spontaneously using imagination as an assistant to the mind, in presenting poetry to students, it should use a suitable method or technique so that students can imagine as done by the author. With a strong imagination towards poetry. One technique or method that can enhance students' imagination towards poetry is by using the cloze technique (dilution) or omission, meaning to eliminate or release one (or more) words in the lines/verses of poetry. In the research, the author designed three cycles, each of which went through four stages, namely: (1) Planning, (2) Implementation, (3) Observation, and (4) Reflection. This research activity was carried out in January 2023 (Semester II) in class VIII A of SMP Negeri 2 Maleber, Kuningan Regency, Academic Year 2022/2023, and involved 20 students. Based on the research data, the use of the cloze technique (dilution) in poetry learning can be concluded as follows: (1) Teaching/presenting poetry in class using the cloze technique can increase the activity of students in Class VIII SMP Negeri 2 Maleber, Kuningan Regency, Academic Year 2022/2023 during the learning process, and (2) The use of the cloze technique in poetry learning can improve the achievement of students in Class VIII SMP Negeri 2 Maleber, Kuningan Regency, Academic Year 2022/2023.
Keywords: Student creativity; the cloze technique (dilution)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dini Sukmawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.