PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 KUNINGAN

Penulis

  • Heni Novianti

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.427

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Kuningan. Dengan merinci hasil literatur review dari enam penelitian yang terkait, kami menyelidiki penggunaan media pembelajaran inovatif, metode pengajaran berbasis teknologi, serta analisis faktor-faktor lingkungan dan jejaring sosial yang dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Kontribusi penelitian ini adalah menyajikan temuan yang dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan di SMP Negeri 4 Kuningan, dengan harapan memberikan landasan bagi pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif dan efektif.

Kata kunci: Penggunaan Teknologi; Pembelajaran Bahasa Inggris; Motivasi Belajar; Siswa SMP; Literatur Review

THE USE OF TECHNOLOGY IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING TO ENHANCE STUDENTS' MOTIVATION AT SMP NEGERI 4 KUNINGAN

ABSTRACT

This study aims to explore strategies for using technology in English language learning to increase the learning motivation of SMP Negeri 4 Kuningan students. By detailing the results of a literature review of six related studies, we investigated the use of innovative learning media, technology-based teaching methods, as well as analysis of environmental factors and social networks that can influence student learning motivation. The contribution of this research is to present findings that can be implemented in the context of education at SMP Negeri 4 Kuningan, with the hope of providing a foundation for the development of a more adaptive and effective learning approach.

Keywords: Use of Technology; English Language Learning, Learning Motivation; Junior High School Students, Literature Review

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-22