PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLES PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII A SMPN 1 PANCALANG KECAMATAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN

Penulis

  • Fhitri Pusvitasari

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.426

Abstrak

ABSTRAK

Hasil penelitian ini membahas tentang 1) Teknik pengamatan objek secara langsung, kemampuan siswa kelas VII A SMPN 1 Pancalang dalam menulis surat pribadi dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut sungguh memuaskan. Hal ini terbukti pada hasil tes setelah tindakan. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa hanya 67,82 atau kategori cukup, kemudian pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 77,39 atau kategori baik, artinya mengalami peningkatkan sebesar 41,60 %. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi daripada siklus I, yaitu menjadi 98,26 %, Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 90,74 % bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya (siklus I); 2) Hasil penelitian non tes melalui pengamatan, wawancara, dan jurnal siswa juga menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode examples non examples, sehingga siswa mudah dalam menulis surat pribadi. Hal itu terbukti adanya permintaan beberapa siswa agar mengulangi metode pembelajaran yang sudah dilaksanakan, karena saking antusiasnya, dan aktifnya siswa keetika menggunakan metode tersebut, sehingga siswa meminta mengulangi kembali pembelajaran dengan menggunakan metode examples non examples. Dengan melihat tingginya angka peningkatan dan respon siswa tersebut, berarti metode examples non examples sangat cocok diterapkan dalam setiap pembelajaran.

Kata kunci: Keterampilan Menulis; Examples Non Examples

IMPROVING PERSONAL LETTER WRITING SKILLS USING THE EXAMPLES NON-EXAMPLES MODEL IN INDONESIAN LANGUAGE LESSONS FOR GRADE VIIA STUDENTS AT SMPN 1 PANCALANG, PANCALANG SUB-DISTRICT, KUNINGAN DISTRICT

ABSTRACT

Direct observation techniques of objects, the writing skills of grade VII A students at SMPN 1 Pancalang in composing personal letters can be enhanced. The improvement is truly satisfying, as evidenced by the test results after the intervention. In the pre-intervention stage, the average score of students was only 67.82, categorized as sufficient. However, in the first cycle of intervention, the average score increased to 77.39, categorized as good, indicating an improvement of 41.60%. Furthermore, in the second cycle, the average score of students improved even better than in the first cycle, reaching 98.26%. In other words, there was an increase of 90.74% compared to the previous result (first cycle). Non-test research results through observations, interviews, and student journals also indicate positive changes. Students are more interested and enthusiastic about learning to write poetry using the examples non-examples method, making it easier for them to compose personal letters. This is evident from the requests of several students to repeat the implemented teaching method due to their enthusiasm and active participation when using this method. Students actively requested to repeat the learning process using the examples non-examples method. Considering the high level of improvement and positive student responses, it can be concluded that the examples non-examples method is highly suitable for application in every learning session.

Keywords: Writing Skills; Examples Non-Examples

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-22