PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLES PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII A SMPN 1 PANCALANG KECAMATAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.426Abstrak
ABSTRAK
Hasil penelitian ini membahas tentang 1) Teknik pengamatan objek secara langsung, kemampuan siswa kelas VII A SMPN 1 Pancalang dalam menulis surat pribadi dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut sungguh memuaskan. Hal ini terbukti pada hasil tes setelah tindakan. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa hanya 67,82 atau kategori cukup, kemudian pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 77,39 atau kategori baik, artinya mengalami peningkatkan sebesar 41,60 %. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi daripada siklus I, yaitu menjadi 98,26 %, Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 90,74 % bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya (siklus I); 2) Hasil penelitian non tes melalui pengamatan, wawancara, dan jurnal siswa juga menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode examples non examples, sehingga siswa mudah dalam menulis surat pribadi. Hal itu terbukti adanya permintaan beberapa siswa agar mengulangi metode pembelajaran yang sudah dilaksanakan, karena saking antusiasnya, dan aktifnya siswa keetika menggunakan metode tersebut, sehingga siswa meminta mengulangi kembali pembelajaran dengan menggunakan metode examples non examples. Dengan melihat tingginya angka peningkatan dan respon siswa tersebut, berarti metode examples non examples sangat cocok diterapkan dalam setiap pembelajaran.
Kata kunci: Keterampilan Menulis; Examples Non Examples
IMPROVING PERSONAL LETTER WRITING SKILLS USING THE EXAMPLES NON-EXAMPLES MODEL IN INDONESIAN LANGUAGE LESSONS FOR GRADE VIIA STUDENTS AT SMPN 1 PANCALANG, PANCALANG SUB-DISTRICT, KUNINGAN DISTRICT
ABSTRACT
Direct observation techniques of objects, the writing skills of grade VII A students at SMPN 1 Pancalang in composing personal letters can be enhanced. The improvement is truly satisfying, as evidenced by the test results after the intervention. In the pre-intervention stage, the average score of students was only 67.82, categorized as sufficient. However, in the first cycle of intervention, the average score increased to 77.39, categorized as good, indicating an improvement of 41.60%. Furthermore, in the second cycle, the average score of students improved even better than in the first cycle, reaching 98.26%. In other words, there was an increase of 90.74% compared to the previous result (first cycle). Non-test research results through observations, interviews, and student journals also indicate positive changes. Students are more interested and enthusiastic about learning to write poetry using the examples non-examples method, making it easier for them to compose personal letters. This is evident from the requests of several students to repeat the implemented teaching method due to their enthusiasm and active participation when using this method. Students actively requested to repeat the learning process using the examples non-examples method. Considering the high level of improvement and positive student responses, it can be concluded that the examples non-examples method is highly suitable for application in every learning session.
Keywords: Writing Skills; Examples Non-Examples
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fhitri Pusvitasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.