MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 5 CIAWIGEBANG

Penulis

  • Eman Iskandar

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.425

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini secara umum membahas keterampilan siswa kelas VII E SMPN 5 Ciawigebang dalam menulis teks deskriptif dan secara khusus membahas keterampilan mereka dari aspek judul, struktur, dan penggunaan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII E SMPN 5 Ciawigebang tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini menerapkan studi deskriptif dengan bentuk kuantitatif dan kualitatif. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan data berupa tes tertulis. Analisis menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa, menurut aspek judul, dikategorikan sebagai sangat baik oleh 88.57%. Dalam aspek struktur yang terbagi menjadi identifikasi dan deskripsi dengan kategori sangat baik masing-masing sebesar 87.85% dan 89,28%, dan struktur penutup dengan kategori memuaskan sebesar 61,42%. Namun, dalam aspek penggunaan bahasa dikategorikan sebagai tidak memuaskan sebesar 45%.

Kata kunci: Peningkatan; Hasil Belajar; Introduce myself; Strategi Reading Guide

 



TNR-IMPROVING THE ABILITY TO WRITE DESCRIPTIVE TEXTS IN GRADE VII E STUDENTS OF SMP NEGERI 5 CIAWIGEBANG

ABSTRACT

This study generally discussed the class VII E of SMPN 5 Ciawigebang students’ skills in writing the descriptive text and specifically discussed their skills from the aspects of title, structures, and the use of language. This study aims to describe the skills in writing a descriptive text on the class VII E students of SMPN 5 Ciawigebang in academic year 2023/2024. His research implemented a descriptive study with the form of quantitative and qualitative. The sample was taken using a random sampling technique. The data was collected using indirect communication with the data collection tool in the form of a written test. The analysis revealed that the learners’ writing skills, according to the aspect of title was categorized as excellent by 88.57%. In the aspect of the structure di vided into three, namely identification and description with excellent category by respectively 87.85% and 89.28%, and closing structure with the satisfactory category by 61,42%. In the aspect of language use, however, was categorized as unsatisfactory by 45%.

Keywords: Descriptive Text; Language use; Text Structure; Tittle, Writing Skill

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-22