MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 5 CIAWIGEBANG
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.425Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini secara umum membahas keterampilan siswa kelas VII E SMPN 5 Ciawigebang dalam menulis teks deskriptif dan secara khusus membahas keterampilan mereka dari aspek judul, struktur, dan penggunaan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII E SMPN 5 Ciawigebang tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini menerapkan studi deskriptif dengan bentuk kuantitatif dan kualitatif. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan data berupa tes tertulis. Analisis menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa, menurut aspek judul, dikategorikan sebagai sangat baik oleh 88.57%. Dalam aspek struktur yang terbagi menjadi identifikasi dan deskripsi dengan kategori sangat baik masing-masing sebesar 87.85% dan 89,28%, dan struktur penutup dengan kategori memuaskan sebesar 61,42%. Namun, dalam aspek penggunaan bahasa dikategorikan sebagai tidak memuaskan sebesar 45%.
Kata kunci: Peningkatan; Hasil Belajar; Introduce myself; Strategi Reading Guide
TNR-IMPROVING THE ABILITY TO WRITE DESCRIPTIVE TEXTS IN GRADE VII E STUDENTS OF SMP NEGERI 5 CIAWIGEBANG
ABSTRACT
This study generally discussed the class VII E of SMPN 5 Ciawigebang students’ skills in writing the descriptive text and specifically discussed their skills from the aspects of title, structures, and the use of language. This study aims to describe the skills in writing a descriptive text on the class VII E students of SMPN 5 Ciawigebang in academic year 2023/2024. His research implemented a descriptive study with the form of quantitative and qualitative. The sample was taken using a random sampling technique. The data was collected using indirect communication with the data collection tool in the form of a written test. The analysis revealed that the learners’ writing skills, according to the aspect of title was categorized as excellent by 88.57%. In the aspect of the structure di vided into three, namely identification and description with excellent category by respectively 87.85% and 89.28%, and closing structure with the satisfactory category by 61,42%. In the aspect of language use, however, was categorized as unsatisfactory by 45%.
Keywords: Descriptive Text; Language use; Text Structure; Tittle, Writing Skill
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eman Iskandar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.