MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEBAKWANGI DALAM MENULIS TEKS PROPOSAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PjBL (Model Project Based Learning)

Penulis

  • Dodo
  • Ifah Hanifah
  • Anjar Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.423

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi pencapaian peserta didik dalam pembelajaran merancang dan menullis teks proposal, Minat menulis peserta didik yang masih sangat rendah diera perkembangan teknologi yang sangat pesat ini merupakan tantangan dalam proses pembelajaran terutama pada praktik merancang dan menulis proposal kegiatan. Keterampilan dalam menulis teks proposal yang sesuai dengan kaidah kebahasaan penulisan yang benar juga masih perlu ditingkatkan, Pada penelitian ini dilakukan tindakan kelas dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan menulis proposal kegiatan kelas XI di SMA Negeri 1 Lebakwangi Kuningan. Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Dalam metode pembelajaran ini pendidik berperan sebagai fasiliator. Project Based Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik bekerja secara bersama‐sama dalam kelompoknya untuk mengkaji masalah-masalah riil. Pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran teks proposal pada peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Lebakwangi tahun pelajaran 2023/2024? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam pembelaaran teks proposal pada peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Lebakwangi tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik simpulan bahwa model Project Based Learning dapat diterapkan pada peserta didik khusunya pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pembelajaran teks proposal. Model ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam mengajarkan materi Teks Proposal.

Kata kunci: menulis; proposal kegiatan; Project Based Learning

IMPROVING MOTIVATION AND ABILITY OF 11TH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 1 LEBAKWANGI IN WRITING PROPOSAL TEXT THROUGH THE PjBL (Project-Based Learning) LEARNING MODEL

 

ABSTRACT

This research is based on students' achievements in learning to design and write proposal texts. Students' interest in writing is still very low in this era of very rapid technological development which is a challenge in the learning process, especially in the practice of designing and writing activity proposals. Skills in writing proposal texts that comply with correct linguistic rules of writing also still need to be improved. In this research, class action was carried out using the Project Based Learning (PjBL) model to improve proposal writing skills for class XI activities at SMA Negeri 1 Lebakwangi Kuningan. Project Based Learning is a learning method that can be applied at all levels of education. In this learning method the educator acts as a facilitator. Project Based Learning aims to find solutions to problems, apart from that, participants also learn the concept of how to solve problems and develop critical thinking skills. In studying concepts and critical thinking skills, students work together in groups to examine real problems. It is hoped that learning by applying this learning method can make students more active and creative, by learning from what they see in their environment. The formulation of the problem in this research is how to apply the Project Based Learning model in learning proposal texts for class XI students in the even semester of SMA Negeri 1 Lebakwangi for the 2023/2024 academic year? The aim of this research is to describe the application of the Project Based Learning model in teaching proposal texts to class XI students in the even semester of SMA Negeri 1 Lebakwangi for the 2023/2024 academic year. This research uses a descriptive qualitative approach method. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the Project Based Learning model can be applied to students, especially in Indonesian language lessons with proposal text learning material. This model can be an alternative for teachers in teaching Proposal Text material.

Keywords: writing; activity proposals; Project Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-22