Evaluasi Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa PPG Daljab Universitas Kuningan

Penulis

  • Ilah Nurlaelah Universitas Kuningan
  • ina Setiawati Universitas Kuningan
  • Asep Jejen Jaelani Universitas Kuningan
  • Alda Apriliani Universitas Kuningan
  • Dwi Ayuning Tyas Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i2.357

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Kuningan. PCK merupakan integrasi dari pengetahuan, konten dan pengetahuan pedagogis yang diperlukan bagi seorang guru untuk mengajarkan materi pelajaran secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket secara online. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa PPG sebanyak 63 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman PCK mahasiswa PPG Universitas Kuningan bervariasi. Pengetahuan mahasiswa PPG  tentang PCK sudah menunjukkan penguasaan kategori baik dalam dimensi a) Pengetahuan tentang peserta didik dan karakteristiknya b) Pengetahuan tentang materi pelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. d) Pengetahuan tentang strategi pembelajaran. f) Pengetahuan tentang komunikasi dengan peserta didik. Sedangkan 3 dimensi PCK mahasiswa PPG dalam kategori sedang pada dimensi c) Pengetahuan tentang pengembangan kurikulum, e) Pengetahuan tentang pengembangan potensi peserta didik, f) Pengetahuan tentang penilaian dan evaluasi. Rata-rata nilai tertinggi ada pada dimensi a yaitu Pengetahuan tentang peserta didik dan karakteristiknya  dan rata-rata nilai terendah adalah dimensi f yaitu Pengetahuan tentang penilaian dan evaluasi. Temuan ini mengindikasikan perlunya penguatan dalam kurikulum PPG untuk meningkatkan kompetensi pedagogis mahasiswa khusunya peningkatan kemampuan penilaian/ evaluasi dalam kurikulum PPG berikutnya.

Kata kunci:  Pedagogical Content Knowledge; Evaluasi, Kemampuan Mahasiswa Profesi Guru

 

Evaluation of Pedagogical Content Knowledge (PCK) Skills of PPG Daljab University of Kuningan Students

 

ABSTRACT

This study aims to evaluate the Pedagogical Content Knowledge (PCK) of students of the Teacher Professional Education Program (PPG) at the University of Kuningan. PCK is an integration of knowledge, content and pedagogical knowledge that is necessary for a teacher to teach subject matter effectively. The research method used is quantitative descriptive with data collection through online questionnaires. The research subjects consisted of PPG students as many as 63 respondents. The results of the study showed that the level of understanding of PCK by PPG students at Kuningan University varied. PPG students' knowledge of PCK has shown mastery of categories both in the dimensions of a) Knowledge of students and their characteristics b) Knowledge of subject matter and educational learning principles. d) Knowledge of learning strategies. f) Knowledge of communication with students. Meanwhile, the 3 dimensions of PCK for PPG students are in the medium category in the dimensions c) Knowledge of curriculum development, e) Knowledge of student potential development, f) Knowledge of assessment and evaluation. The highest average score is in dimension a, namely Knowledge about students and their characteristics, and the lowest average score is dimension f, namely Knowledge about assessment and evaluation. This finding indicates the need for strengthening the PPG curriculum to improve the pedagogical competence of students, especially the improvement of assessment/evaluation skills in the next PPG curriculum.

Keywords: Pedagogical Content Knowledge; Evaluation, Ability of Teacher Professional Students

 

Referensi

Candra, P., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) Guru Dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p166

I’zaati, L., Rahma, M. A., & Bashith, A. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Non-Formal. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 918–931. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.312

Lee, Y.-C. (2011). Enhancing pedagogical content knowledge in a collaborative school-based professional development program for inquiry-based science teaching. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 12.

Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas. Journal Of Biology Education, 2(2), 162. https://doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6352

Murtiyasa, B., & Atikah, M. D. (2021). Kemampuan Tpack Mahasiswa Calon Guru MatematikaPadaMataKuliahPraktikumPembuatanAlatPeragaMatematika.AKSIOMAJurnalProgramStudiPendidikanMatematika,10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4351

Padila, T. M., Anwar, Y., & Madang, K. (2017). Analisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru biologi FKIP Unsri sebelum dan setelah praktik mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 571–581.

Rahimatul Annisa, 2023 ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU EKONOMI (SURVEI PADA MAHASISWA PPG PRAJABATAN MAPEL EKONOMI DI UPI BANDUNG)

Sari, D. R., & Fatin, I. (2024). Persepsi Guru PPG terhadap Integrasi TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 7(1), 106–119.

Sativa, F. E., Musaddat, S., Amrullah, L. W. Z., & Wahab, A. D. A. (2023). PROFIL KEMAMPUAN TPACK MAHASISWA PPG DALAM JABATAN KATEGROI 1 JENJANG PAUD. Jurnal Mutiara Pendidikan, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.29303/jmp.v3i2.4800

Yanti, M., & Mawarwati. (2023). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru SD Pada Materi IPA . Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1138–1148. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6312

Yohafrinal, Damris, & Risnita. (2015). Edu-Sains Volume 4 No. 2, Juli 2015. Edu-Sains Volume, 4(2), 15–24.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-06