UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KUTAMENDALA 05
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian tindakan kelas dalam hal memperbaiki proses pembelajaran dengan metode diskusi kelompok berbasis Problem Basic Learning yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran melalui metode diskusi kelompok berbasis PBL di kelas VI semester 1 SDN Kutamendala 05. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data kualitatif, analisisdata dilakukan setelah perbaikkan pembelajaran selesai dilaksanakan dalam setiapsiklus. Analisis data dilakukan secara bertahap, pertama mengelompokkan, kedua mendeskripsikan data dan terakhir menyimpulkan atau memberi makna.
Kata kunci: hasil belajar siswa, Problem Basic Learning.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI
SD NEGERI KUTAMENDALA 05
ABSTRACT
The aim of classroom action research is to improve the learning process using a group discussion method based on Problem Basic Learning, namely improving student learning outcomes in the Mathematics subject Mixed Counting Operations material through a PBL-based group discussion method in class VI semester 1 of SDN Kutamendala 05. This research uses a quantitative approach and qualitative data, data analysis is carried out after learning improvements have been carried out in each cycle. Data analysis was carried out in stages, first grouping, second describing the data and finally concluding or giving meaning.
Keywords: student learning outcomes, Basic Learning Problems
Referensi
Kemendikbud (2014: 27) Problem Basic Learning (PBL)
Jones dkk, (dalam Yamin, 2013: 62)
Amir, Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.Prenada Media Group: Jakarta.
Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka: Jakarta.
Adji, Nahrowi & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. UPI PRESS:uzBandung.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.