PENINGKATAN PEMBELAJARAN PPKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI SIKANCIL
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilaksnakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksnakan pada Pelajaran PPKn mengenai peraturan perundang undangan di kelas IV SD negri Sikabcil KelurahanSalatri Kab Brebes dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang belum memenuhi capaian pembelajaran. Oleh karena itu maka di cetuskan untuk menggunakan metode pembelajaran demonstrasi . Penelitian meliputi dua siklus pembelajaran. Hasilnya menunjukan bahwa pada siklus 1 hasilnya adalah sebanyak 84% siswa dinyatakan tuntas. Adapaun capaian yang menjadi target adalah85% sehingga perlu dilakukan pembelajaran siklus kedua dengan memeperbaiki temuan saat refleksi dan observasi. Setelah dilakukan perbaikan hasil dari siklus 2 adalah sebanyak 96% siswa dinyatakan telah memenuhi sesuai dengan target capaian pembelajaran.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil belajar, PPKn.
IMPROVING PPKN LEARNING USING DEMONSTRATION METHODS AT SD NEGERI SIKANCIL
ABSTRACT
After carrying out classroom action research which was carried out in Civics Lessons regarding statutory regulations in class IV of Sikabcil State Elementary School, Salatri District, Brebes Regency with the aim of improving the learning outcomes of students who had not met learning outcomes. Therefore, it was initiated to use the demonstration learning method. The research includes two learning cycles. The results show that in cycle 1 the results were that 84% of students were declared complete. The target achievement is 85% so it is necessary to carry out a second cycle of learning by improving findings during reflection and observation. After improvements were made, the results from cycle 2 were that 96% of students were declared to have met the learning achievement targets.
Keywords: Demonstration Method, Learning Outcomes, PPKn.
Referensi
Aris Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Fitria, Yanti., Hasanah, F, N., & Gistituati, N. 2018. Critical Thingking Skills Of Prospective Elementary School Teacher In Integrated Science Mathematics Lectures. Science Mathematics Lectures,. Journal Education Learning, 12(4), 597-603. https://doi.org/10.11591/edulearn.v1214. 9633
Gagne. Robert M, 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah. Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marrey Lanuhung Ambomide, dkk. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 1V SDK Padat Karya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No. 5
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.