PENINGKATAN PEMBELAJARAN PPKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI SIKANCIL

Penulis

  • Siti Khodijah

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilaksnakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksnakan pada Pelajaran PPKn mengenai peraturan perundang undangan di kelas IV SD negri Sikabcil KelurahanSalatri Kab Brebes  dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang belum memenuhi capaian pembelajaran. Oleh karena itu maka di cetuskan untuk menggunakan metode pembelajaran demonstrasi . Penelitian meliputi dua siklus pembelajaran. Hasilnya menunjukan bahwa pada siklus 1 hasilnya adalah sebanyak 84% siswa dinyatakan tuntas. Adapaun capaian yang menjadi target adalah85% sehingga perlu dilakukan pembelajaran siklus kedua dengan memeperbaiki temuan saat refleksi dan observasi. Setelah dilakukan perbaikan hasil dari siklus 2 adalah sebanyak 96% siswa dinyatakan telah memenuhi sesuai dengan target capaian pembelajaran.

Kata kunci:  Metode Demonstrasi, Hasil belajar, PPKn.

 

IMPROVING PPKN LEARNING USING DEMONSTRATION METHODS AT SD NEGERI SIKANCIL

 

ABSTRACT

After carrying out classroom action research which was carried out in Civics Lessons regarding statutory regulations in class IV of Sikabcil State Elementary School, Salatri District, Brebes Regency with the aim of improving the learning outcomes of students who had not met learning outcomes. Therefore, it was initiated to use the demonstration learning method. The research includes two learning cycles. The results show that in cycle 1 the results were that 84% of students were declared complete. The target achievement is 85% so it is necessary to carry out a second cycle of learning by improving findings during reflection and observation. After improvements were made, the results from cycle 2 were that 96% of students were declared to have met the learning achievement targets.

Keywords: Demonstration Method, Learning Outcomes, PPKn.

 

Referensi

Aris Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Fitria, Yanti., Hasanah, F, N., & Gistituati, N. 2018. Critical Thingking Skills Of Prospective Elementary School Teacher In Integrated Science Mathematics Lectures. Science Mathematics Lectures,. Journal Education Learning, 12(4), 597-603. https://doi.org/10.11591/edulearn.v1214. 9633

Gagne. Robert M, 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah. Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marrey Lanuhung Ambomide, dkk. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 1V SDK Padat Karya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No. 5

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles