PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 1 SUKAMANTRI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di SDN 1 Sukamantri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Pupulasi penelitian di SDN 1 Sukamantri sebanyak 129 orang dengan sampel 19 orang. Pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA berdasarkan harga rs diperoleh nilai sebesar 0.73 berada pada klasifikasi tinggi. Kemudian pengujian hipotesis penggunaan media visual terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di SDN 1 Sukamantri dapat dijelaskan bahwa diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4.40 1.74 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak), dengan demikian dapat dijelaskan bahwa semakin baik penggunaan media visual yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran IPA maka semakin baik pula hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA.
Kata kunci: Media visual, hasil belajar.
THE INFLUENCE OF THE USE OF VISUAL MEDIA ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE LEARNING
ABSTRACT
This research aims to determine the effect of using visual media on student learning outcomes in science learning at SDN 1 Sukamantri. The research method used is a descriptive method with a quantitative approach. The research population at SDN 1 Sukamantri was 129 people with a sample of 19 people. The influence of the use of visual media on student learning outcomes in science learning based on the price of RS obtained a value of 0.73 which is in the high classification. Then testing the hypothesis of the use of visual media on student learning outcomes in science learning at SDN 1 Sukamantri can be explained that the calculated t value is greater than t table (t_(count )4.40 ≥ t_(table )1.74 so that Ha is accepted and Ho is rejected), Thus it can be explained that the better the use of visual media used by educators in the science learning process, the better the students' learning outcomes in science learning..Keywords: Visual media, learning outcomes.Referensi
Dajamarah, Syaiful Basri.dkk. (20100. Stratetgi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Kunanadar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2009). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakakarya.
Sudjana, Nana. (1991). Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Angkasa.
Suyoso. (2002). Tingkatan Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan).
Syah, Muhibbin. (2006). Hasil Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.