PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 1 SUKAMANTRI

Penulis

  • Ismayati

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di SDN 1 Sukamantri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Pupulasi penelitian di SDN 1 Sukamantri sebanyak 129 orang dengan sampel 19 orang. Pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA berdasarkan harga rs diperoleh nilai sebesar 0.73 berada pada klasifikasi tinggi. Kemudian pengujian hipotesis penggunaan media visual terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di SDN 1 Sukamantri dapat dijelaskan bahwa diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4.40  1.74 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak), dengan demikian dapat dijelaskan bahwa semakin baik penggunaan media visual yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran IPA maka semakin baik pula hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA.

Kata kunci:  Media visual, hasil belajar.

 

THE INFLUENCE OF THE USE OF VISUAL MEDIA ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE LEARNING

 

ABSTRACT

This research aims to determine the effect of using visual media on student learning outcomes in science learning at SDN 1 Sukamantri. The research method used is a descriptive method with a quantitative approach. The research population at SDN 1 Sukamantri was 129 people with a sample of 19 people. The influence of the use of visual media on student learning outcomes in science learning based on the price of RS obtained a value of 0.73 which is in the high classification. Then testing the hypothesis of the use of visual media on student learning outcomes in science learning at SDN 1 Sukamantri can be explained that the calculated t value is greater than t table (t_(count )4.40 ≥ t_(table )1.74 so that Ha is accepted and Ho is rejected), Thus it can be explained that the better the use of visual media used by educators in the science learning process, the better the students' learning outcomes in science learning..Keywords: Visual media, learning outcomes.  

Referensi

Dajamarah, Syaiful Basri.dkk. (20100. Stratetgi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kunanadar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2009). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakakarya.

Sudjana, Nana. (1991). Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Angkasa.

Suyoso. (2002). Tingkatan Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan).

Syah, Muhibbin. (2006). Hasil Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles