PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JATINAGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode kontruktivisme dalam pembelajaran IPAS tentang bagian tubuh tumbuhan juga meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran IPAS tentang bagian tubuh tumbuhan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jatinagara Kecamatan Jatinagara. Pembelajaran dengan menggunakan model PjBL pada materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SDN 2 Jatinagara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran ini merujuk pada kurikulum 2013 dan Kurmer serta dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS)/ Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai pedoman dalam melaksanakan langkah-langkah metode kontruktivisme. Kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran selama dua siklus menunjukan hasil yang baik. Pada siklus pertama mencapai nilai rata-rata 72,02 % sedangkan pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 79,32 %. Upaya guru dalam dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode kontruktivisme ternyata berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode kontruktivisme tertanam dalam diri siswa akan pentingnya sikap saling kerja sama, menghargai pendapat orang lain dan melatih kesabaran, dan sikap ingin tahu sehingga pelaksanaan metode kontruktivisme mempermudah dalam memahami bagian- bagian tubuh, karena proses pembelajaran menggunakan metode yang tepat membuat daya ingat siswa melekat lama dan menjadikan pengalaman belajar yang dialami lebih bermakna. Hasil yang diperoleh guru dalam proses pembelajaran pada siklus pertama mencapai skor 67,6% sedangkan pada siklus kedua mencapai skor 70,03%. Penguasaan siswa terhadap keterampilan proses setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kontruktivisme, hasil yang diperoleh siswa selama dua siklus tindakan pembelajaran pemahaman bagian-bagian tubuh menunjukan hasil yang baik.
Kata kunci: Model PjBL, meningkatkan hasil belajar siswa, IPAS
THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) MODELS CAN ENHANCE THE LEARNING OUTCOMES OF INTEGRATED SCIENCE (IPAS) ON THE TOPIC OF PLANT ANATOMY FOR FOURTH-GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 2 JATINAGARA IN THE ACADEMIC YEAR 2022/2023
ABSTRACT
This research aims to improve student learning outcomes through the use of the constructivism method in Integrated Science (IPAS) teaching on plant anatomy. Additionally, it seeks to enhance teachers' abilities to develop IPAS lesson plans on plant anatomy for fourth-grade students at SD Negeri 2 Jatinagara, Jatinagara District. Learning with the Project-Based Learning (PjBL) model on the topic of plant anatomy in the fourth grade at SDN 2 Jatinagara can enhance student learning outcomes. This learning is aligned with the 2013 curriculum and Kurmer, supplemented with Student Worksheets (LKS) as a guide for implementing constructivism methods. The teacher's performance in planning lessons over two cycles showed positive results. In the first cycle, the average score reached 72.02%, while in the second cycle, it reached an average score of 79.32%. The teacher's efforts to implement constructivism methods have proven successful in improving student learning outcomes. During the implementation of constructivism-based learning, students internalize the importance of teamwork, respecting others' opinions, developing patience, and fostering curiosity. The constructivism method facilitates understanding of plant body parts, as the learning process using the appropriate method ensures that students retain information for a longer period and makes their learning experiences more meaningful. The teacher's results in the learning process in the first cycle achieved a score of 67.6%, while in the second cycle, it reached a score of 70.03%. Students' mastery of process skills after participating in constructivism-based learning showed positive results over the two cycles in understanding plant body parts.
Keywords: PjBL model, improving student learning outcomes, IPAS.
Referensi
Ardley, Neil (1994) 82 Percobaan Ilmu Pengetahuan Alam, CV. Elang Santika, Semarang.
Arikunto, Suharsimi (2007) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), PT Bumi Aksara, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional (2003) Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains, Depdiknas, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional (2004) Kurikulum Berbasis Kompetensi : Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Sains untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Depdiknas, Jakarta.
IAID Darussalam (2001) Panduan Penyususnan Skripsi di Lingkungan Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat, Tanpa Penerbit, Ciamis.
Kamal, Mustopa (2004) Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar (Untuk PGSD), Tanpa Penerbit, Ciamis
Kasbolah K (1998/1999) Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dikti.Proyek Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarta.
Khamim dkk (2007) Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas III, Aneka Ilmu, Jakarta.
Kunandar (2008) Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Moedjiono dan Moh. Dimyati (1992/1993) Strategi Belajar Mengajar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Jakarta.
Mulyana, Edi Hendri dkk (2005) Metodologi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar, UPI Kampus Tasikmalaya, Tasikmalaya.
Rustam dan Mundilanto (2014) Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Sapriati, Amalia dkk (2018) Pembelajaran IPA di SD, Universitas Terbuka, Jakarta.
Tim Dosen PGSD (2015) Bahan Ajar Pendidikan IPS Sekolah Dasar Mahasiswa PGSD Semester 3, PGSD UPI Kampus Tasikmalaya, Tasikmalaya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.