PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI LINGGAPURA 04

Penulis

  • Zahra Annisa

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pemebalajaran inkuiri terbimbing  pada pembelajaran IPA dikelas V SD Negeri Linggapura 04 telah selesai. Adapun hasilnya antara lain adalah  bahwa hasil belajar pra siklus menunjukan bahwa ketuntasan masih jauh dimana hanya 26,30% peserta didik yang tuntas. Akan tetapi setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model inquiri terbimbing menjadi lebih baik yaitu mencapai 73,85% peserta didik yang tuntas dan pada siklus kedua sebanyak 100% peserta didik tuntas.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, IPA, model pembelajaran Linggapura 04.

 

IMPROVEMENT OF STUDENTS' LEARNING OUTCOMES USING THE GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL IN SCIENCE SUBJECTS FOR GRADE V AT LINGGAPURA 04 ELEMENTARY SCHOOL

 

ABSTRACT

Research on improving student learning outcomes using the guided inquiry learning model in science learning in class V of SD Negeri Linggapura 04 has been completed. The results include that the pre-cycle learning results show that completion is still far away, where only 26.30% of students will complete. But after improvements were made, learning using the guided inquiry model became better, namely reaching 73.85% of students who completed it and in the second cycle as many as 100% of students completed it.

Keywords: Guided inquiry, science, Linggapura 04 learning model.

 

Referensi

David A. Jacobsen, at.all, 2009, Methods For Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David M. Hanson, 2005, Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities, (Departement of Chemistery, Stony Brook University)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2000, Model-Model Pembelajaran IPA, (Bandung: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA)

Milla Listiawati, 2009. Jurnal Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Kerja Ilmiah dengan Pendekatan Inkuiri pada konsep Bioteknologi di SMP Kelas IX, Jakarta: CSE

Moh. Amien, Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Menggunakan Metode “Discovery dan Inquiry”

Oemar Hamalik, 2001, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem, Jakarta Bumi aksara

Pryanto.dkk, 2009, Menejemen Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada

Rochiati Wiriaatmadja, 2007, Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sri Sulistyorini, 2007, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP, Yogyakarta: Tiara Wacana

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles