UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEDAWON KEC. LARANGAN KAB. BREBES

Penulis

  • Siti Fadhilah

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul upaya peningkatan prestasi belajar IPS dengan model cooperative learning  type picture and picture pada siswa kelas VI SD Negeri kedawon menunjukkan hasil yang baik,pada awal pra PTK dengan pembelajaran konvensional, tanya jawab dan ceramah  rata rata klasikal yang dicapai65 dengan ketuntasan hanya sebesar 25%  silus  1 dengan menggunakan cooperative learning type picture and picture hasilnya menunjukan kenaikan rata rata klasikal menjadi 80 dengan  capaian ketuntasan 80%, pada akhir pembelajaran siklus kedua rata rata klasikal yang dicapai mencapai nilai 85 dengan pencapaian 95% siswa yang tuntas. Keberhasilan dari pembelajaran ini disebabkan penggunaan internet dan media digital sebagai sumber media gambar lebih banyak dan menarik sehingga akan meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa yang berakibat terhadap kenaikan hasil belajar dan prestasi belajar siswa.

Kata kunci: Cooperative Learning, Type Picture and Picture, Ilmu Pengetahuan Sosial

 

EFFORTS TO IMPROVE SOCIAL STUDIES LEARNING ACHIEVEMENTS USING THE COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE PICTURE AND PICTURE IN GRADE VI STUDENTS OF KEDAWON ELEMENTARY SCHOOL

LARANGAN SUB-DISTRICT BREBES DISTRICT

 

ABSTRACT

The research entitled efforts to increase social studies learning achievement using the Picture and Picture type cooperative learning model for class VI students at Kedawon Brebes State Elementary School showed good results, at the beginning of pre-PTK with conventional learning, questions and answers and classical lectures the average achieved65 with completeness was only 25% cycle 1 using cooperative learning type picture and picture the results showed an increase in the classical average to 80 with a complete achievement of 80%, at the end of the second learning cycle the classical average achieved reached a score of 85 with 95% of students completing. The success of this learning is due to the use of the internet and digital media as a source of more interesting and interesting image media so that it will increase students' motivation and interest in learning which results in increased learning outcomes and student achievement.

Keywords: Cooperative Learning, Type Picture and Picture. Social Science.

 

Referensi

Etin Solihatin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Thobroni, Muhammad. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovati dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles