UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN CARD SHORT

Penulis

  • Kusmiyati Atikasari

Abstrak

 

ABSTRAK

Hasil penelitian tindak kelas yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 Kecamatan Panguyangan  Kabupaten Brebes di kelas II pada pelajaran IPA mengenai mengidentifikasi matahari pagi siang dan sore, menggunakan model pembelajaran cooperative learning berbantu card short, dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar. Adapun hasilnya setelah dilaksanakan PTK dengan menggunakan 2 siklus adalah, bahwa ketuntasan akhir mencapai 96% atau sebanyak 24 siswa dari 25 siswa telah tuntas dengan rata-rata klasikal mencapai 83.

Kata kunci: Cooperative learning, Card Short, SD Winduaji 06.

 

EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING OUTCOMES

IN SCIENCE SUBJECTS IN GRADE II

USING FLASHCARDS

 

ABSTRACT

The results of classroom action research conducted at the Winduanji 06 State Elementary School, Panguyangan subdistrict, Brebes district, in class II in the science lesson regarding identifying the morning, afternoon and evening sun, using a cooperative learning model assisted by Card Short, with the aim of improving learning outcomes. The results after carrying out PTK using 2 cycles were that final completion reached 96% or as many as 24 students out of 25 students had completed it with a classical average reaching 83.

Keywords: Cooperative learning, Card Short, SD Winduaji 06.

 

Referensi

Agus, Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Nasih dan Lilik K, Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam , (Bandung: PT Refika Aditama, 2009), hlm. 115

Anjar Ginanjar, Metode Pembelajaran Card Sort, dalam aginsta.blogspot.com. diakses pada 20 April 2014

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Indeks

Mel Silbermen, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Insan Madani, 2009)

Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slavin, Robert E (2008). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

UU No. 14 tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, 2006

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles