UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN CARD SHORT
Abstrak
ABSTRAK
Hasil penelitian tindak kelas yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 Kecamatan Panguyangan Kabupaten Brebes di kelas II pada pelajaran IPA mengenai mengidentifikasi matahari pagi siang dan sore, menggunakan model pembelajaran cooperative learning berbantu card short, dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar. Adapun hasilnya setelah dilaksanakan PTK dengan menggunakan 2 siklus adalah, bahwa ketuntasan akhir mencapai 96% atau sebanyak 24 siswa dari 25 siswa telah tuntas dengan rata-rata klasikal mencapai 83.
Kata kunci: Cooperative learning, Card Short, SD Winduaji 06.
EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING OUTCOMES
IN SCIENCE SUBJECTS IN GRADE II
USING FLASHCARDS
ABSTRACT
The results of classroom action research conducted at the Winduanji 06 State Elementary School, Panguyangan subdistrict, Brebes district, in class II in the science lesson regarding identifying the morning, afternoon and evening sun, using a cooperative learning model assisted by Card Short, with the aim of improving learning outcomes. The results after carrying out PTK using 2 cycles were that final completion reached 96% or as many as 24 students out of 25 students had completed it with a classical average reaching 83.
Keywords: Cooperative learning, Card Short, SD Winduaji 06.
Referensi
Agus, Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Nasih dan Lilik K, Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam , (Bandung: PT Refika Aditama, 2009), hlm. 115
Anjar Ginanjar, Metode Pembelajaran Card Sort, dalam aginsta.blogspot.com. diakses pada 20 April 2014
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Indeks
Mel Silbermen, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Insan Madani, 2009)
Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Slavin, Robert E (2008). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
UU No. 14 tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, 2006
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.