PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGBALE 04 BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul penggunaan peningkatan aktivitas hasil belajar siswa kelas V pada materi sifat sifat bangun datar melalui pembelajaran matematika realistic di Sekolah dasar negeri Karangbale 04 Brebes dengan tujuan memperbaiki hasil belajar, telah dilaksanakan hasilnya adalah bahwa pembelajaran pra siklus masih jauh dari ketuntasan yaitu 33,3% siswa yang telah memenuhi KKM, sedangkan rata rata klasikal adalah 58. Pembelajaran pada siklus1 menunjukan angka rata rata klasikal 72, dengan pencapaian tuntas sebesar 76,19%. Dan pada siklus kedua pencapaianya 100% dengan rata rata klasikal 81,5. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya keberhasilan pembelajaran matematika dengan menggunakan PMR.
Kata kunci: Pembelajaran matematik realistic, hasil belajar, matematika.
IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF GRADE V STUDENTS IN THE TOPIC OF TWO-DIMENSIONAL SHAPES THROUGH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION AT KARANGBALE 04 PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL BREBES
ABSTRACT
Research entitled the use of increasing activities for the learning outcomes of class V students on the nature of plane shapes through realistic mathematics learning at the Karangbale 04 Brebes state elementary school with the aim of improving learning outcomes, has been carried out. The results are that pre-cycle learning is still far from complete, namely 33.3 % of students who have met the KKM, while the classical average is 58. Learning in cycle 1 shows a classical average of 72, with a complete achievement of 76.19%. And in the second cycle the achievement was 100% with a classical average of 81.5. The conclusion of this research shows that there is success in learning mathematics using PMR.
Keywords: Realistic mathematics learning, learning outcomes, mathematics.
Referensi
Abdul Karim, dkk. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar”. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika. Vol. 1 No 2. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952. Diakses 25 Februari 2022.
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Aisyah. (2007). Pendidikan Matematika di SD. Jakarta: Depdiknas
Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif. Pendekatan Pembelajaran Matematika . Yogyakarta: Graha Ilmu
Daitin Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas
Maliasih, Hartono & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Marja Van Den Heuvel-Panhuizen. (2003). The didactical use of models in realistic mathematics education: an example from a longitudinal trajectory on percentage. Educational studies in mathematics, 54, 9-35.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Jakarta. CV Alfabeta
Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Sutama dan Noviyanti, Dinar (2018) Dampak Pembelajaran Matematika Dengan. Strategi Problem Posing Dan Problem Based Learning di SMP
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D (I). Jasmine.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.