UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN TANDA BACA DI KELAS IV SD NEGERI PANGARADAN 03 MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

Penulis

  • Aprilia Rizqawati

Abstrak

 

ABSTRAK

Bahasa adalah salah satu faktor terpenting dalam kehidupan manusia, komunikasi penyempaian informasi merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini. Dalam pembelajaran di tingkat dasar peserta didik dituntut untuk bisa membaca dan menulis sebagai dasar bagi pengembangan informasi dalam pendidikan. Salah satu problem utama dalam pendidikan dasar adalah kemampuan menulis yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah ejaan dan penggunaan tanda baca. Salah satu masalah yang terjadi di kelas IV SD Pangaradan 03 adalah menulis. Kemampuan menulis peserta didik dianggap masih kurang apalagi ketika menulis dengan menggunakan tanda baca.

Kata kunci: menulis, tanda baca.

 

EFFORTS TO IMPROVE WRITING SKILLS WITH

PUNCTUATION IN CLASS IV OF SD NEGERI PANGARADAN 03

USING THE ROLE-PLAYING METHOD

 

ABSTRACT

Language is one of the most important factors in human life, communication and conveying information is something that cannot be separated from human life today. In learning at the basic level, students are required to be able to read and write as a basis for developing information in education. One of the main problems in basic education is the ability to write correctly in accordance with the rules of spelling and use of punctuation. One of the problems that occurs in class IV at SD Pangaradan 03 is writing. Students' writing skills are considered to be lacking, especially when writing using punctuation marks.

Keywords: writing, punctuation.

 

Referensi

Adi Suryanto, dkk. (2009). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Adriansyah. (2011). Tata Bahasa Indonesia. [Online] Tersedia: http://www.tatabahasaindonesia.com. [akses 1 September 2012]

Dahlia Syuaib. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika.

Indah.(2012). Kelebihan Metode Latihan. [Online] Tersedia: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2268761-kelebihan-dankekurangan-metode-drill/#ixzz27vZeaiRl. Palu: [akses 28 September 2012]

Muslich. (2010). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mohammad Asrori. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sumantri dan Syaodih. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia. (2000). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Depdiknas.

Penulis Sukses. (2012). Pengertian kemampuan Siswa. [Online]. Tersedia: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2256046-pengertiankemampuan-siswa/#ixzz346H2VFGV. [akses 09 Juni 2014].

Prasetyo, Mas Agung. (2013).Makalah Pemakaian Tanda Baca dalam Karya Tulis Ilmiah. [Online]. Tersedia: http://masagengprastiyo.blogspot.com/2013/07/makalah-pemakaiantanda-baca-dalam.html. [akses 7 Juni 2014]

Suparno dan Yunus. (2009). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumiati dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran.Bandung: CV Wacana Prima. Solchan T. W., dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles