UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN TANDA BACA DI KELAS IV SD NEGERI PANGARADAN 03 MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING
Abstrak
ABSTRAK
Bahasa adalah salah satu faktor terpenting dalam kehidupan manusia, komunikasi penyempaian informasi merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini. Dalam pembelajaran di tingkat dasar peserta didik dituntut untuk bisa membaca dan menulis sebagai dasar bagi pengembangan informasi dalam pendidikan. Salah satu problem utama dalam pendidikan dasar adalah kemampuan menulis yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah ejaan dan penggunaan tanda baca. Salah satu masalah yang terjadi di kelas IV SD Pangaradan 03 adalah menulis. Kemampuan menulis peserta didik dianggap masih kurang apalagi ketika menulis dengan menggunakan tanda baca.
Kata kunci: menulis, tanda baca.
EFFORTS TO IMPROVE WRITING SKILLS WITH
PUNCTUATION IN CLASS IV OF SD NEGERI PANGARADAN 03
USING THE ROLE-PLAYING METHOD
ABSTRACT
Language is one of the most important factors in human life, communication and conveying information is something that cannot be separated from human life today. In learning at the basic level, students are required to be able to read and write as a basis for developing information in education. One of the main problems in basic education is the ability to write correctly in accordance with the rules of spelling and use of punctuation. One of the problems that occurs in class IV at SD Pangaradan 03 is writing. Students' writing skills are considered to be lacking, especially when writing using punctuation marks.
Keywords: writing, punctuation.
Referensi
Adi Suryanto, dkk. (2009). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Adriansyah. (2011). Tata Bahasa Indonesia. [Online] Tersedia: http://www.tatabahasaindonesia.com. [akses 1 September 2012]
Dahlia Syuaib. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika.
Indah.(2012). Kelebihan Metode Latihan. [Online] Tersedia: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2268761-kelebihan-dankekurangan-metode-drill/#ixzz27vZeaiRl. Palu: [akses 28 September 2012]
Muslich. (2010). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mohammad Asrori. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sumantri dan Syaodih. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia. (2000). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Depdiknas.
Penulis Sukses. (2012). Pengertian kemampuan Siswa. [Online]. Tersedia: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2256046-pengertiankemampuan-siswa/#ixzz346H2VFGV. [akses 09 Juni 2014].
Prasetyo, Mas Agung. (2013).Makalah Pemakaian Tanda Baca dalam Karya Tulis Ilmiah. [Online]. Tersedia: http://masagengprastiyo.blogspot.com/2013/07/makalah-pemakaiantanda-baca-dalam.html. [akses 7 Juni 2014]
Suparno dan Yunus. (2009). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumiati dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran.Bandung: CV Wacana Prima. Solchan T. W., dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.