UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI SPEAKING SKILLS SUB TEMA INTRODUCE MYSELF MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI READING GUIDE PADA SISWA KELAS VII D SMPN 1 TAMBAKSARI
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi penggunggan metode ceramah dan pembelajaran yang membosankan. Berdasarkan keadaan tersebut, ditentukan strategi reading guide pada penelitian tindakan kelas di kelas VII D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data berupa analisis hasil belajar yang dilakukan setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut. Langkah-langkah Penggunaan Strategi Reading guide dalam Meningkatkan Hasil belajar Hasil belajar Speaking Skills Subtema Introduce myself, diawali dengan kegiatan awal salah satu pokok penting adalah apersepsi dan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti siswa mengamati materi ajar, dibagi kelompok, memilih kosakata dari kisi-kisi kalimat rumpang pada teks introduce myself, siswa diminta berdiskusi, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka yang sudah mereka susun Siswa antar kelompok saling memberikan tanggapan. Peningkatan Hasil belajar Speaking Skills Subtema Introduce myself dengan menggunakan strategi reading guide pada prasiklus mendapat rata-rata nilai 69,54, berikutnya hasil belajar pada siklus ke-1 mendapat rata-rata nilai 74,15, berikutnya hasil belajar pada siklus ke-2 mendapat rata-rata nilai 80,31. Dengan demikian, hasil belajar Speaking Skills Subtema Introduce myself dengan menggunakan strategi reading guide dari siklus kesatu ke siklus kedua mengalami peningkatan nilai sebesar 6,15..
Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Introduce myself, dan Strategi Reading Guide
EFFORTS TO IMPROVE ENGLISH LEARNING OUTCOMES SPEAKING SKILLS MATERIAL SUB THEME INTRODUCE MYSELF THROUGH THE USE OF READING GUIDE STRATEGIES
IN GRADE VII D STUDENTS OF SMPN 1 TAMBAKSARI
ABSTRACT
This research was motivated by the boring method of lectures and learning. Based on these circumstances, a reading guide strategy was determined in classroom action research in class VII D. The method used in this study was a descriptive method. Data collection techniques use observation, tests, and documentation. Data processing techniques in the form of analysis of learning outcomes carried out every cycle. Based on the results of the study, the following results were obtained. Steps to Use the Reading guide Strategy in Improving Learning Outcomes Learning outcomes Speaking Skills Subtheme Introduce myself, starting with the initial activity, one of the important points is perception and learning objectives. In the core activity students observe the teaching material, divide the group, choose vocabulary from the grid of clumped sentences in the text introduce myself, students are asked to discuss, each group presents the results of their group discussion that they have arranged Students between groups give each other responses. Improvement of Speaking Skills learning outcomes Subtheme Introduce myself using the reading guide strategy in the precycle got an average score of 69.54, then the learning results in the 1st cycle got an average score of 74.15, then the learning results in the 2nd cycle got an average score of 80.31. Thus, the results of learning Speaking Skills Subtheme Introduce myself using the reading guide strategy from the first cycle to the second cycle increased in value by 6.15.
Keywords: Improvement, Learning Outcomes, Introduce myself, and Strategy Reading Guide.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S., & Bachri, B. (2010). Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Satuan Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Hindun. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Depok: Nufa Citra Mandiri.
Linda. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Lisan. Diakses dari lindaaja.wordpress.com
Richard, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Sugiyono. (2010). Metode Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Gramedia. Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris (Self-Introduction). Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/memperkenalkan-diri-dalam-bahasa-inggris-self-introduction/
SMAN8BPP.. Capaian Pembelajaran. Diakses dari https://sman8bpp.sch.id/download/Capaian_Pembelajaran/uploads/7a._Bahasa_Inggris.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.