UPAYA MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMA SUNAN GUNUNG JATI TENGAH TANI

Penulis

  • Afrizal Harris

Abstrak

 

ABSTRAK

Praktik pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berfikir kritis peserta didik kelas XI SMA Sunan Gunung Jati Tengah Tani Kabupaten Cirebon pada submateri sistem pernapasan melalui praktikum berbasis Discovery Learning. Praktik pembelajaran ini dilakukan di SMA Sunan Gunung Jati Tengah Tani  dengan sampel penelitian 7 orang peserta didik kelas XI. Treatmen dalam praktik pembelajaran ini berupa pemberian masalah yaitu menampilkan perbedaan organ paru-paru yang sehat dengan organ paru-paru yang tidak sehat akibat rokok. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa Observasi, Soal Tes, dan Wawancara. Observasi dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui sikap dan keterampilan peserta didik pada saat melaksanakan praktikum pengaruh asap rokok terhadap perubahan warna pada kapas. Soal tes dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat berfikir kritis peserta didik. Sedangkan wawancara dilakukan dengan bertujuan untuk menggali informasi terkait perlakuan yang telah dilakukan. Data observasi, dan soal tes dianalisis dengan menggunakan aplikasi Excell. Sedangkan wawancara dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil praktik pembelajaran menunjukkan bahwa praktikum berbasis discovery learning dapat meningkatkan berfikir kritis peserta didik kelas XI SMA Sunan Gunung Jati Tengah Tani pada submateri sistem pernapasan. Hal ini terlihat dari hasil nilai sikap peserta didik dalam kegiatan diskusi yaitu menunjukkan 100% mampu berpikir kritis secara berkembang sesuai harapan, 65% peserta didik mampu bekerja sama dan mandiri saat diskusi secara berkembang sesuai harapan, dan 35% peserta didik mampu bekerja sama dan mandiri saat diskusi secara sangat berkembang. Kesimpulan dari penulis lakukan dalam praktik pembelajaran ini, bahwa dengan melakukan praktikum dalam pembelajaran membuat peserta didik lebih aktif sehingga dapat meningkatkan berfikir kritisnya.

Kata kunci: Model Discovery Learning, Praktikum, Canva, Sistem Pernapasan, Bahaya Asap Rokok

 

EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL THINKING THROUGH DISCOVERY LEARNING-BASED PRACTICUM ON THE TOPIC OF THE HUMAN RESPIRATORY SYSTEM AT SUNAN GUNUNG JATI TENGAH TANI HIGH SCHOOL

 

ABSTRACT

The purpose of this learning practice is to determine the improvement of critical thinking among 11th-grade students at SMA Sunan Gunung Jati Tengah Tani in Cirebon Regency on the subtopic of the respiratory system through Discovery Learning-based practicum. This learning practice was conducted at SMA Sunan Gunung Jati Tengah Tani with a research sample of 7 students from the 11th grade. The treatment in this learning practice involved presenting a problem, namely showing the differences between healthy lungs and unhealthy lungs due to smoking. Instruments used in this research included observation, test questions, and interviews. Observation aimed to assess the attitudes and skills of students during the practicum regarding the influence of cigarette smoke on the color change of cotton. Test questions aimed to determine the level of critical thinking among students, while interviews were conducted to gather information related to the conducted treatments. Observation and test question data were analyzed using Excel application, while interviews were analyzed qualitatively descriptively. The results of the learning practice indicate that Discovery Learning-based practicum can improve critical thinking among 11th-grade students at SMA Sunan Gunung Jati Tengah Tani in the subtopic of the respiratory system. This is evident from the results of the students' attitude scores during the discussion activity, with 100% showing developing critical thinking as expected, 65% of students being able to collaborate and work independently during the discussion as expected, and 35% of students being able to collaborate and work independently during the discussion showing significant development. The conclusion drawn from this learning practice is that conducting practicums in learning makes students more active, thereby enhancing their critical thinking.

Keywords: Discovery Learning Model, Practicum, Canva, Respiratory System, Dangers of Cigarette Smoke.

 

Referensi

Annisa, & Sholeha, D. 2021. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 6. https://journal.publicationcenter.com/index.php/ijte/article/view/245

Endang Sri Lestari. 2009. Biologi 2: Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Junaedi, D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209P-ISSN.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, dan E. Susanti. 2020. Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, hal. 430. doi:10.31764/jpmb.v4i1.2983.

Purnomo. 2009. Biologi: Kelas XI untuk SMA dan MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Rizal, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3):159-165.

Sutoyo. 2019. Discovery Learning Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 4 (1).DOI: http://dx.doi.org/10.32528/bioma.v4i1.2649

Suwarno. 2009. Panduan Pembelajaran Biologi: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles