PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI LUWUNGGEDE 01 KECAMATAN TANJUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER MATERI PETA DAN KOMPONENNYA
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa materi Peta dan komponennya dengan menggunakan Media Poster Di Kelas IV SD Negeri Luwunggede 01 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Luwunggede 01 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes sebanyak 21 (10 laki-laki) dan (11 perempuan). Masih banyak nilai siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan prosedur pelaksanaan tindakan, menggunakan dua siklus. Siklus I dan Siklus II (dua kali pertemuan) menggunakan media poster. Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan telah dipaparkan mengenai peningkatan siswa terkait penggunaan media poster dalam pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peta dan Komponennya siswa kelas IV SD Negeri Luwunggede 01 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Prasiklus nilai rata-rata hasil belajar 54,76 dan ketuntasan belajar 22,72%, Siklus I nilai rata-rata hasil belajar 62,5 dan ketuntasan belajar 45,45% dan siklus II nilai rata-rata hasil belajar 86,42 dan ketuntasan belajar 100%.
Kata kunci: Media Poster, Metode Demonstrasi, Peta dan Komponennya.
IMPROVING SOCIAL STUDIES LEARNING OUTCOMES FOR FOURTH GRADE STUDENTS AT LUWUNGGEDE 01 PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL, TANJUNG DISTRICT, THROUGH THE USE OF POSTER MEDIA ON MAP AND ITS COMPONENTS MATERIAL
ABSTRACT
The aim of this research is to improve student learning outcomes for map material and its components by using poster media in class IV of SD Negeri Luwunggede 01, Brebes Regency, Central Java. The research subjects were 21 (10 boys) and 11 girls (11 girls) fourth grade students at Luwunggade State Elementary School, Brebes Regency. There are still many students' grades that have not reached the KKM (Minimum Completeness Criteria). The type of research is Classroom Action Research (PTK) using action implementation procedures, using two cycles. Cycle I and Cycle II (two meetings) used poster media. Based on the results of the research and discussion, student improvement regarding the use of poster media in learning has been explained. So it can be concluded that the use of poster media can improve student learning outcomes in the Map and Its Components material for class IV students at SD Negeri Luwunggede 01, Brebes Regency. Pre-cycle the average value of learning outcomes is 54.76 and completeness of learning is 22.72%, Cycle I the average value of learning outcomes is 62.5 and completeness of learning is 45.45% and cycle II the average value of learning outcomes is 86.42 and completeness study 100%.
Keywords: Poster Media, Demonstration Method, Maps and Their Components.
Referensi
Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan. Pembelajaran, Pengembangan Media, 8(2), 145–167.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Daulae, T. H. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran Oleh: Tatta Herawati Daulae 1. Forum Paedagogik, 11(01), 52–63.
Dinica, M., Dinescu, L., & Miron, C. (2012). The stimulation of VWXGHQWV¶ creativity by using multimedia platforms. International Journal of Computer Science Research & Application, 2(1), 95± 100.
Hasnun, Anwar. 2006. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi.
Ilic, D., & Rowe, N. (2013). What is the evidence that poster presentations are effective in promoting knowledge transfer? A state-of-theart review. Health Information & Libraries Journal, 30(1), 4±12. https://doi.org/10.1111/hir.12015
Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 31-41.
Izatt, S., & Dadiz, R. (2015). Educational perspectives: Effective visual display of poster presentations. New Reviews, 16(4), e203± e210. https://doi.org/10.1542/neo.16-4-e203
Kholik, B. (2017). Penggunaan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Tema Tempat Tinggalku (Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di Kelas IV SDN Rancasawo 1 Kota Bandung Pada Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. Getsempena English Education Journal, 4(2), 101–117. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.
Saputra, H. N. (2019). Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pedagogik, 6(2), 278–299.
Subianto, Ismail Bambang, Puji Anto, Taufiq Akbar (2018). Perancangangan Poster Sebagai Media Edukasi Peserta Didik. Jurnal Desain, Vol.5(3):215-222. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain. v5i03.2425
Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Zulhelmi,Adlim, Mahidin (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.5(1):72-80.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.