PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI LINGGAPURA 04

Penulis

  • Zahra Annisa

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS dikelas V SD Negeri linggapura 04 telah selesai. Adapun hasilnya antara lain adalah  bahwa hasil belajar pra siklus menunjukan bahwa  ketuntasan masih jauh Dimana hanya 36,84 % peserta didik yang tuntas akan tetapi setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning menjadi lebih baik yaitu mencapai 78,95% peserta didik yang tuntas dan pada siklus kedua sebanyak 100% peserta didik tuntas.

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, IPAS, Model Pembelajaran Linggapura 04.

 

IMPROVING STUDENTS' LEARNING OUTCOMES USING THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL IN SCIENCE SUBJECTS IN GRADE V AT LINGGAPURA 04

PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL

 

ABSTRACT

Research regarding improving student learning outcomes using the Problem Based Learning learning model in science and science learning in class V of SD N Linggapura 04 has been completed. The results include that the pre-cycle learning results show that completion is still far away, where only 36.84% of students have completed it, but after improvements have been made to learning using the Problem Based Learning model, it has become better, reaching 78.95% of students who have completed it. and in the second cycle 100% of students completed it.

Keywords: Guided Inquiry, Science Subject, Linggapura 04 Learning Model

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Anastasia Putri Sakinah, Annisa Destiana 2, Destri Prim 3, Indah Permata Sari4, Novalina Salsabila 5.2023. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/877/663

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ,2000, Model-Model Pembelajaran IPA, (Bandung: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA).

Okayana, Komang. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Metro Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/30234/11/SKRIPSI%20FULL.pdf

Pryanto.dkk. 2009, Menejemen Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles