PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI LINGGAPURA 04
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS dikelas V SD Negeri linggapura 04 telah selesai. Adapun hasilnya antara lain adalah bahwa hasil belajar pra siklus menunjukan bahwa ketuntasan masih jauh Dimana hanya 36,84 % peserta didik yang tuntas akan tetapi setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning menjadi lebih baik yaitu mencapai 78,95% peserta didik yang tuntas dan pada siklus kedua sebanyak 100% peserta didik tuntas.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, IPAS, Model Pembelajaran Linggapura 04.
IMPROVING STUDENTS' LEARNING OUTCOMES USING THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL IN SCIENCE SUBJECTS IN GRADE V AT LINGGAPURA 04
PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRACT
Research regarding improving student learning outcomes using the Problem Based Learning learning model in science and science learning in class V of SD N Linggapura 04 has been completed. The results include that the pre-cycle learning results show that completion is still far away, where only 36.84% of students have completed it, but after improvements have been made to learning using the Problem Based Learning model, it has become better, reaching 78.95% of students who have completed it. and in the second cycle 100% of students completed it.
Keywords: Guided Inquiry, Science Subject, Linggapura 04 Learning Model
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Anastasia Putri Sakinah, Annisa Destiana 2, Destri Prim 3, Indah Permata Sari4, Novalina Salsabila 5.2023. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/877/663
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ,2000, Model-Model Pembelajaran IPA, (Bandung: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA).
Okayana, Komang. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Metro Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/30234/11/SKRIPSI%20FULL.pdf
Pryanto.dkk. 2009, Menejemen Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.