PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIPA SMA MUBAROKUL ULUM BANJARHARJO
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada SMA Mubarokul Ulum Banjarharjo. Salah satu keunggulan dari model pembelajaran problem based learning yaitu mamupu melatih peserta didik dalam menggunakan berbagai konsep, prinsip dan keterampilan yang telah mereka pelajari untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan penerapan problem based learning, kemapuan berpikir kritis dapat berkembang, karena pada kemampuan berpikir kritis yang diamati dalam penelitian ini berupa kemampuan menganalisis, memecahkan masalah, berfikir logis dan membuat keputusan dengan tepat serta dapat menarik kesimpulan.
Kata kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning
THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MODEL TO ENHANCE CRITICAL THINKING OF STUDENTS ON ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL IN GRADE X SCIENCE CLASS AT MUBAROKUL ULUM HIGH SCHOOL BANJARHARJO
ABSTRACT
This research aims to describe the implementation of problem-based learning in an effort to develop the critical thinking skills of students at Mubarokul Ulum High School in Banjarharjo. One of the advantages of the problem-based learning model is its ability to train students in using various concepts, principles, and skills they have learned to solve the problems they are facing. Through the implementation of problem-based learning, critical thinking skills can develop. The observed critical thinking skills in this research include the ability to analyze, solve problems, think logically, make accurate decisions, and draw conclusions.
Keywords: Critical Thinking, Problem-Based Learning.
Referensi
Auliah, Fitria Nur, dkk. Analisis hambatan guru dalam penerapan model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung
fitrianurauliah@upi.edu
Karyana, Nana. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Penggunaan Metode Study Kasus https://ejournal.upi.edu/index.php/civicus/article/viewFile/26115/pdf
Mendikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 37, tahun 2018, tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Poblem Based Learning ( PBL ) Melalui Study Kasus Kualitas air Sungai Bekri Akibat Limbah Pabrik PTPN &Untuk Matrei Pokok Perubahan Lingkungan Kelas X https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/edubiolock/article/view/1186
Yunin Nurun Nafiah. Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY mafaza_2909@yahoo.co.id
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.