PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIPA SMA MUBAROKUL ULUM BANJARHARJO

Penulis

  • Mariska Agustriani

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada SMA Mubarokul Ulum Banjarharjo. Salah satu keunggulan dari model pembelajaran problem based learning yaitu mamupu melatih peserta didik dalam menggunakan berbagai konsep, prinsip dan keterampilan yang telah mereka pelajari untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan penerapan problem based learning, kemapuan berpikir kritis dapat berkembang, karena pada kemampuan berpikir kritis yang diamati dalam penelitian ini berupa kemampuan menganalisis, memecahkan masalah, berfikir logis dan membuat keputusan dengan tepat serta dapat menarik kesimpulan.

Kata kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning

 

THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MODEL TO ENHANCE CRITICAL THINKING OF STUDENTS ON ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL IN GRADE X SCIENCE CLASS AT MUBAROKUL ULUM HIGH SCHOOL BANJARHARJO

 

ABSTRACT

This research aims to describe the implementation of problem-based learning in an effort to develop the critical thinking skills of students at Mubarokul Ulum High School in Banjarharjo. One of the advantages of the problem-based learning model is its ability to train students in using various concepts, principles, and skills they have learned to solve the problems they are facing. Through the implementation of problem-based learning, critical thinking skills can develop. The observed critical thinking skills in this research include the ability to analyze, solve problems, think logically, make accurate decisions, and draw conclusions.

Keywords: Critical Thinking, Problem-Based Learning.

 

Referensi

Auliah, Fitria Nur, dkk. Analisis hambatan guru dalam penerapan model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung

fitrianurauliah@upi.edu

Karyana, Nana. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Penggunaan Metode Study Kasus https://ejournal.upi.edu/index.php/civicus/article/viewFile/26115/pdf

Mendikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 37, tahun 2018, tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Poblem Based Learning ( PBL ) Melalui Study Kasus Kualitas air Sungai Bekri Akibat Limbah Pabrik PTPN &Untuk Matrei Pokok Perubahan Lingkungan Kelas X https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/edubiolock/article/view/1186

Yunin Nurun Nafiah. Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY mafaza_2909@yahoo.co.id

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles