BEST PRACTICE MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Penulis

  • Nurohman

Abstrak

 

ABSTRAK

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Menurut Kemdikbud (2013), peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Saat ini Peserta dididk kelas 3 terkadang merasa malas dalam memahami materi pembelajaran. Terlebih melihat karakteristik dari anak usia kelas 3 SD adalah operasional konkrit, yaitu harus dihadapkan dengan sesuatu yang nyata. Tujuan dibuatnya best practice penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan vidio pembelajaran: 1) mendeskripsikan respon peserta didik, 2) mendeskripsikan peningkatan literasi numerasi, dan 3) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2024 pada pembelajaran tema 3 sub tema pengaruh perubahan cuaca terhadap manusia di kelas 3 SDN Tanjung 01 Brebes. Pengumpulan data dengan metode teknik tes, observasi, angket, dokumentasi dan penilaian proyek/produk. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rerata respon peserta didik sebesar 85% atau dengan kategori baik sekali, 2) Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa dari 50% menjadi 85% dalam katagori tuntas belajar  melampaui nilai KKM (75). Dengan demikian, pembelajaran  berbasis proyek (PjBL) menunjukkan kepada peserta didik bagaimana konsep, prinsip, sains, teknologi, teknik, dan matematika digunakan secara terintegrasi untuk mengembangkan produk, proses, dan sistem yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, guru sebaiknya dapat merancang pembelajaran dengan langkah-langkah yang tepat sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

Kata kunci: Literasi numerasi, PjBL, video belajar, IT.

 

BEST PRACTICE TO ENHANCE NUMERACY LITERACY OF LEARNERS THROUGH PROJECT-BASED LEARNING

 

ABSTRACT

"Project-Based Learning is a learning model that utilizes projects or activities as a medium. According to the Ministry of Education and Culture (2013), learners engage in exploration, assessment, interpretation, synthesis, and information processing to produce various forms of learning outcomes. Currently, third-grade learners sometimes feel lazy in understanding learning materials, especially considering the characteristics of third-grade students who require concrete operations, meaning they need to be confronted with something tangible. The purpose of developing best practices for implementing project-based learning models assisted by instructional videos are: 1) to describe learners' responses, 2) to describe the improvement of numeracy literacy, and 3) to describe the completeness of learners' learning outcomes. This research uses a quantitative approach with quantitative descriptive analysis methods. The study was conducted in January 2024 on the theme 3 sub-theme "The Influence of Weather Changes on Humans" in class 3 of SDN Tanjung 01 Brebes. Data collection methods include test techniques, observation, questionnaires, documentation, and project/product assessment. Data analysis is performed using descriptive analysis. The research results show that: 1) The average response of learners is 85%, categorized as excellent, 2) Improvement in students' numeracy literacy skills from 50% to 85% in the category of learning completeness exceeds the KKM (Minimum Completeness Criteria) value of 75. Thus, Project-Based Learning (PjBL) demonstrates to learners how concepts, principles, science, technology, engineering, and mathematics are used in an integrated manner to develop products, processes, and systems that are beneficial to human life. Therefore, teachers should design learning with appropriate steps so that its implementation can proceed according to the predetermined plan."

Keywords: Numeracy literacy, PjBL, instructional videos, IT.

Referensi

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52.

Archer-Bradshaw, R. E. (2017). Teaching for Scientific Literacy? An examination of instructional practices in Secondary Schools in Barbados. Research in Science Education, 47(1), 67-93.

Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 1-3. doi: https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, III(1), 1-2. Diambil kembali dari https://scholar.archive.org/work/7j7idwszlfgj5jq5h5wufv2oim/access/wayback/

http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/absis/article/download/1385/pdf

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Pro Sandik, III(1), 1-2. doi: https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Samsudin, M. A., Jamali, S. M., Md Zain, A. N., & Ale Ebrahim, N. (2020). The Effect of STEM Project Based Learning on Self-Efficacy among High-School Physics Students. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 94-108. https://doi.org/10.36681/tused.2020.15

Setiani, R. (2022). Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi. E- Repository IAIN Bengkulu, 1-2. Diambil kembali dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/9694/

Supraptono, E., Arief, U. M., Ekarini, F., Nashiroh, P. K., Setiyawan, A., Subiyanto, S., Muslimah, A. F. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Evaluasi Autentik dalam Pembelajaran Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) Jenjang Pendidikan SMK. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1-2. Diambil kembali dari https://www.bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4076/2985

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles