PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV SDN DUKUHTENGAH 02 BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan merode demonstrasi pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan di kelas IV SD Negeri Dukuhtengah 02 Brebes dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Pra siklus menunjukan bahwa hanya 23,8% dengan rata rata klasikal 60, sedangkan dengan menggunakan PTK Siklus 1 hasilnya 78,19% dengan rata rata klasikal 76 sedangkan siklus 2 pecapaian 90,4% dengan rata rata klasikal 81. Ada 2 siswa yang tidak tuntas maka disarankan untuk pembelajaran secara tutor sebaya.
Kata kunci: Demonstrasi , Media, PTK, Pecahan.
IMPROVING STUDENTS' LEARNING OUTCOMES WITH THE DEMONSTRATION METHOD IN THE TOPIC OF ADDITION AND SUBTRACTION OF FRACTIONS IN GRADE IV AT DUKUH TENGAH 02 PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL BREBES
ABSTRACT
The research entitled improving student learning outcomes by using a demonstration method on adding and subtracting fractions in class IV at SD Negeri Dukuhtengah 02 Brebes with a total of 21 students. Pre-cycle showed that only 23.8% with a classical average of 60, whereas using PTK Cycle 1 the results were 78.19% with a classical average of 76 while in cycle 2 the achievement was 90.4% with a classical average of 81. There were 2 students who did not complete, it is recommended to study with a peer tutor.
Keywords: Demonstration, Media, PTK, Fractions.
Referensi
Abdul Majid, Pembelajaran Tematik Terpadu, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014), 155.
Ahmad Susanto, 2016. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Cet 4. Jakarta: Kencana.
Ali, Hamzah dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaraan Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ali, M. (2006). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon. Arikunto, S. (2011). Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta Combs. A. W. (1984). The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston. Dahar, R.W. (2009). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Arini, Haryono, dan Saputro. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono. ISSN. 2337-9995. Jurna Pendidikan Kimia Vol. 06 No. 2.
Astari,Tri. 2017. Matematika Pecahan. Medan: PUSSIS UNIMED.
Dalyono, M. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto. (2009). Demonsrasi Sebagai Metode Belajar. Jakata. Depdikbud.
Hadi, S. (2009). Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Hadi, S. (2011). Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Heruman. 2017. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Jannah, Miftahul. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Integratif terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelass VII pada Materi Himpunan MTs Al-Furqan Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak terbitkan, (Semarang: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo).
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Makmun Khairani. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta: PT Aswaja Pressindo.
Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta. Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), h. 38.
Rosdakarya. Hudoyo, H. (2010). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.