MENIGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF, APLIKASI CLASSPOINT, PENDEKATAN TPACK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X2 SMA NEGERI 1 DARMA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Darma pada materi perubahan lingkungan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X.2 SMA Negeri 1 Darma berjumlah 32 orang peserta didik. Metode penelitian yang dipilih yakni diskusi kelompok, pendekatan TPACK dan penggunaan aplikasi Classpoint dengan desain pretets-posttest dan refleksi assessment pembelajaran. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui instrumen tes soal pilihan ganda ganda melalui google form. Data yang diperoleh kemudian di analisis. Hasil analisis data diperoleh Berdasarkan hasil Postest dapat di rata-ratakan nilai terbesar 90, nilai terkecil 70, dengan rata-rata nilainya 82 dengan KKTP 70. Maka dapat di simpulkan seluruh siswa telah mencapai KKTP. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran dengan menerapkan Problem Based Learning(PBL) dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif dan aplikasi classpoint untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X 2 pada materi Perubahan lingkungan, terbukti dapat meningkatkan pencapaian ketuntasan peserta didik, selain itu juga memberikan pengalaman belajar yang menarik dan mengembangkan kecakapan abad 21. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap pemahamman berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Darma.
Kata kunci: problem based learning, kemampuan berpikir kritis, classpoint, TPACK
IMPROVING CRITICAL THINKING ABILITY THROUGH THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL, INTERACTIVE VIDEO LEARNING, CLASSPOINT APPLICATION, TPACK APPROACH TO BIOLOGY LEARNING ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL IN CLASS X2 OF SMA NEGERI 1 DARMA
ABSTRACT
This research aims to determine the effectiveness of the problem based learning (PBL) learning model on the critical thinking abilities of SMA Negeri 1 Darma students on environmental change material. The subjects in this research were 32 students in class X.2 of SMA Negeri 1 Darma. The research methods chosen were group discussions, the TPACK approach and the use of the Classpoint application with a pretest-posttest design and reflection on learning assessment. Critical thinking ability data was collected through a multiple choice question test instrument via Google Form. The data obtained was then analyzed. The results of the data analysis were obtained. Based on the Posttest results, the largest average score was 90, the smallest score was 70, with an average score of 82 with a KKTP of 70. So it can be concluded that all students have achieved the KKTP. This shows that there is an influence of the application of the problem based learning model on students' critical thinking abilities. Thus, the learning objective of implementing Problem Based Learning (PBL) using interactive video learning media and classpoint applications is to improve students' critical thinking skills in class an interesting learning experience and developing 21st century skills. So it can be concluded that there is an influence of the application of the PBL model on the understanding of critical thinking of SMA Negeri 1 Darma students.
Keywords: problem based learning, critical thinking skills, classpoint, TPACK.
Referensi
Andari, Izqy Yuan. 2019. Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Tingkat SMA Se-Banten. Jurnal. Vol 2, No. 11, hal 263-275.
Campbell. 2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Erlangga.
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. 2019. Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal bioterdidik, 7(3), 77-87.
Irnaningtyas. 2018. Biologi untuk Kelas X. Erlangga.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. 2021. Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.
Nurhayati, Nunung. 2017. Biologi untuk Kelas X. Yrama Widya.
Olivia Sabat "Mengenal Metode Pembelajaran Problem Based Learning, Guru & Siswa Harus Tahu" selengkapnya
Puspaningsih, Ayuk Ratna, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMA Kelas X. Kemendikbud.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.