UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD BULAKELOR 02 MELALUI PEMANFAATAN MEDIA VISUAL WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika yaitu membandingkan satuan volume liter dengan menggunakan benda kongrit dan berbantu media visual wordwall pada analisis data dan peluang pelajaran matematika kelas 2 SD. Sekitar siswa kelas II SDN Bulakelor 02 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Bulakelor 02 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 orang Laki-laki dan 14 orang Perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media alam sekitar dalam pembelajaran tematik tema lingkungan di kelas II SD Negeri Bulakelor 02 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai proses (aktifitas) pada pratindakan belum ditemukan karena siswa hanya mendengarkan saja. Nilai proses pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 69,24, pertemuan 2 adalah 73,37, siklus II pertemuan 1 adalah 88,8, dan pada pertemuan 2 adalah 95,6. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 60,7 siklus I adalah 80 dan pada siklus II adalah 92,5. Ketuntasan belajar klasikal pada pratindakan adalah 20%, pada akhir siklus I adalah 80% dan pada akhir siklus II adalah 93%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pemanfaatan media alam sekitar dalam pembelajaran tematik tema lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan agar peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan media alam sekitar dalam pembelajaran berdisferensif. tema yang lain, memasukkan unsur permainan dalam pembelajaran, membuat strategi pembelajaran yang lebih mengkondisikan siswa untuk pembelajaran di luar sehingga pembelajaran lebih kondusif.
Kata kunci: Media portofolio, aplikasi visual wordwall, hasil belajar, pembelajaran berdiferensif
EFFORTS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF GRADE II STUDENTS OF SD BULAKELOR 02 THROUGH THE USE OF WORDWALL VISUAL MEDIA IN MATHEMATICS LEARNING
ABSTRACT
This study aims to: Determine the improvement of student learning outcomes in independent curriculum learning in mathematics subjects, namely comparing liter volume units using concrete objects and assisted by wordwall visual media in data analysis and opportunities for grade 2 elementary mathematics lessons. Around grade II students of SDN Bulakelor 02 This study uses a type of classroom action research with a qualitative descriptive approach. The subjects of the study were grade II students of SDN Bulakelor 02 totaling 25 students consisting of 11 men and 14 women. The results showed that the use of environmental media in thematic learning of environmental themes in grade II SD Negeri Bulakelor 02 can improve student learning outcomes. The value of the process (activity) in pre-action has not been found because students only listen. The process value in cycle 1 meeting 1 is 69.24, meeting 2 is 73.37, cycle II meeting 1 is 88.8, and in meeting 2 is 95.6. The average value of student learning outcomes in pre-action is 60.7, cycle I is 80 and in cycle II is 92.5. The completeness of classical learning in pre-action is 20%, at the end of cycle I it is 80% and at the end of cycle II it is 93%. The conclusion that can be drawn is that the use of environmental media in thematic learning of environmental themes can improve student learning outcomes. Suggestions that can be given so that researchers can further utilize environmental media in differentiative learning. Another theme, including elements of play in learning, makes learning strategies that better condition students for outside learning so that learning is more conducive.
Keywords: Media portfolio, visual wordwall application, learning outcomes, differentiated learning.
Referensi
Mathis, Robert L. & John H. Jackson. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10.Jakarta : Salemba Empat.
Tinangon, H., Kojo, C., & Tawas, H. N. (2019). Perbandingan Kinerja Pegawai Tetap Dan Tidak Tetap Di Kantor Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).
Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109-114.
Yunus, F., Manajemen. 2006. Peningkatan Mutu Pendidikan. Diakses dari Http/www.geocities.com/Gurvalah/Artikel pendidikan/htm
Buchari, A., Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2009.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.