PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS DIFERENSISASI DI KELAS 10 SMK

Penulis

  • Muhammad Nur Shiddiq

DOI:

https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i1.297

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis diferensiasi di kelas 10 SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian satu kali uji (pretest-posttest). Subjek penelitian adalah siswa kelas 10 SMK di SMK Taufiq Mubarok. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam nilai siswa sebelum dan setelah penerapan model CTL, mendukung efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa.

Kata kunci: Model CTL, diferensiasi, kelas 10 SMK, pretest-posttest, uji Mann-Whitney

 

THE EFFECT OF APPLYING DIFFERENTIATION-BASED CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MODELS  IN GRADE 10 HIGH SCHOOL

 

ABSTRACT

This study aims to investigate the effect of applying a differentiation-based Contextual Teaching and Learning (CTL) model in grade 10 high school. The research method used is a one-time test research design (pretest-posttest). The subject of the study was a grade 10 high school student at SMK Taufiq Mubarok. The instruments used are knowledge tests before (pretest) and after (posttest) treatment. Data were analyzed using the Mann-Whitney test. Results showed significant differences in students' scores before and after the application of the CTL model, supporting its effectiveness in improving student understanding and achievement.

Keywords: CTL model, differentiation, grade 10 high school, pretest-posttest, Mann-Whitney test.

 

Referensi

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01).

Wahyuni, D. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Matsna Karim Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Journal Proceeding, 1(1).

Shandra, Y. (2024). Strategi untuk Meningkatkan Minat Belajar: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdiferensiasi pada Ekonomi Kelas X. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1292-1299.

Maolana, T. (2016). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran IPS DI MI Ma’arif NU Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, IAIN).

Shandra, Y. (2024). Strategi untuk Meningkatkan Minat Belajar: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdiferensiasi pada Ekonomi Kelas X. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1292-1299.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles