PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS DIFERENSISASI DI KELAS 10 SMK
DOI:
https://doi.org/10.25134/jguruku.v2i1.297Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis diferensiasi di kelas 10 SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian satu kali uji (pretest-posttest). Subjek penelitian adalah siswa kelas 10 SMK di SMK Taufiq Mubarok. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam nilai siswa sebelum dan setelah penerapan model CTL, mendukung efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa.
Kata kunci: Model CTL, diferensiasi, kelas 10 SMK, pretest-posttest, uji Mann-Whitney
THE EFFECT OF APPLYING DIFFERENTIATION-BASED CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MODELS IN GRADE 10 HIGH SCHOOL
ABSTRACT
This study aims to investigate the effect of applying a differentiation-based Contextual Teaching and Learning (CTL) model in grade 10 high school. The research method used is a one-time test research design (pretest-posttest). The subject of the study was a grade 10 high school student at SMK Taufiq Mubarok. The instruments used are knowledge tests before (pretest) and after (posttest) treatment. Data were analyzed using the Mann-Whitney test. Results showed significant differences in students' scores before and after the application of the CTL model, supporting its effectiveness in improving student understanding and achievement.
Keywords: CTL model, differentiation, grade 10 high school, pretest-posttest, Mann-Whitney test.
Referensi
Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01).
Wahyuni, D. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Matsna Karim Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Journal Proceeding, 1(1).
Shandra, Y. (2024). Strategi untuk Meningkatkan Minat Belajar: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdiferensiasi pada Ekonomi Kelas X. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1292-1299.
Maolana, T. (2016). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran IPS DI MI Ma’arif NU Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, IAIN).
Shandra, Y. (2024). Strategi untuk Meningkatkan Minat Belajar: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdiferensiasi pada Ekonomi Kelas X. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1292-1299.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.