UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI CIKAREOJAYA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas I SD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa setelah dilakukan penerapan media gambar siswa kelas 1 SD Negeri Cikareojaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas 1 di SDN Cikareojaya sebanyak 18 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan media gambar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 65%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 81%, pada siklus II meningkat menjadi 85% sehingga peneliti tidak melanjutkan ke siklus III.
Kata kunci: Media Gambar, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia.
EFFORTS TO IMPROVE READING ABILITIES
THROUGH PICTURE MEDIA IN GRADE 1 AT CIKAREOJAYA
PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRACT
This research aims to improve the initial reading abilities of Indonesian language for first-grade students in elementary school. The objectives of this research are to determine the improvement in students' reading abilities after implementing picture media in the 1st-grade class at Cikareojaya Public Elementary School. The research method used is classroom action research with two cycles. The participants in this research are 18 first-grade students at SDN Cikareojaya. Data were collected through observation, interviews, and test result analysis. The research results indicate a significant improvement in efforts to enhance reading abilities using picture media. In the pre-action phase, the percentage of students meeting the proficiency standard was only 65%. After the first cycle, the percentage increased to 81%, and in the second cycle, it further increased to 85%, leading the researcher to decide not to proceed to a third cycle.
Keywords: Picture Media, Reading Abilities, Indonesian Language.
Referensi
Edraswati. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Teknik Permainan Menyusun Kata Tahun Pelajaran 2017/2018
Farida Rahim, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Askara. 2018
Nurfalah. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas II SDN 1 Wosu Kec. Bungku Barat Kab. Morowali, jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1ISSN 2354-614X
Nurul Hidayah, Peningkatan Kemampuan membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas II C Semester II di MIN 6 Bandar Lampung. Jurnal Terampil, Volume 3 Nomor 3 Nomor 1 p-ISSN 2355-1925 (Juni 2016).
Ridwan Abdullah, Penelitian Tindakan Kelas, Tanggerang: Tsmart Marketing. 2017
Rukaesih, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers. 2016
Samsu Somadayo, Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.