UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI CIKAREOJAYA

Penulis

  • Euis Hendrayani

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas I SD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa setelah dilakukan penerapan media gambar siswa kelas 1 SD Negeri Cikareojaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas 1 di SDN Cikareojaya sebanyak 18 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan media gambar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 65%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 81%, pada siklus II meningkat menjadi 85% sehingga peneliti tidak melanjutkan ke siklus III.

Kata kunci: Media Gambar, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia.

 

EFFORTS TO IMPROVE READING ABILITIES

THROUGH PICTURE MEDIA IN GRADE 1 AT CIKAREOJAYA

PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL

 

ABSTRACT

This research aims to improve the initial reading abilities of Indonesian language for first-grade students in elementary school. The objectives of this research are to determine the improvement in students' reading abilities after implementing picture media in the 1st-grade class at Cikareojaya Public Elementary School. The research method used is classroom action research with two cycles. The participants in this research are 18 first-grade students at SDN Cikareojaya. Data were collected through observation, interviews, and test result analysis. The research results indicate a significant improvement in efforts to enhance reading abilities using picture media. In the pre-action phase, the percentage of students meeting the proficiency standard was only 65%. After the first cycle, the percentage increased to 81%, and in the second cycle, it further increased to 85%, leading the researcher to decide not to proceed to a third cycle.

Keywords: Picture Media, Reading Abilities, Indonesian Language.

 

Referensi

Edraswati. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Teknik Permainan Menyusun Kata Tahun Pelajaran 2017/2018

Farida Rahim, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Askara. 2018

Nurfalah. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas II SDN 1 Wosu Kec. Bungku Barat Kab. Morowali, jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1ISSN 2354-614X

Nurul Hidayah, Peningkatan Kemampuan membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas II C Semester II di MIN 6 Bandar Lampung. Jurnal Terampil, Volume 3 Nomor 3 Nomor 1 p-ISSN 2355-1925 (Juni 2016).

Ridwan Abdullah, Penelitian Tindakan Kelas, Tanggerang: Tsmart Marketing. 2017

Rukaesih, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers. 2016

Samsu Somadayo, Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles