UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI PEMAHAMAN SOAL HOTS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA IT DAN BENDA KONKRET DI KELAS IV
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian tindakan kelas dalam hal memperbaiki proses pembelajaran dengan metode model pbl yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal hots pada mata Pelajaran IPAS materi Cerita Tentang Daerahku dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantu media IT di kelas IV semester genap SDN Cirukem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data kualitatif, analisis data dilakukan setelah perbaikkan pembelajaran selesai dilaksanakan dalam setiap siklus. Analisis data dilakukan secara bertahap, pertama mengelompokkan, kedua mendeskripsikan data dan terakhir menyimpulkan atau memberi makna. Dengan langkah ini akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cirukem Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan. Subjek penelitian dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cirukem Kecamatan Garawangai Kabupaten Kuningan. Dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Hasil penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan yang sangat seignifikan pada setiap siklusnya, pada siklus I prosesntase hasil belajar siswa sebesar 60 % walaupun belum mencapai kriteria yang ingin dicapai tetapi paling tidak telah ada peningkatan dari kondisi awal, maka dari itu diadakanlah perbaikan pada siklus II dengan prosentase hasil belajar sebesar 90 %. Pada siklus II ini penelitian diberhentikan karena pencapaian hasil belajar siswa telah melampaui batas kriteria yang telah ditentukan, yaitu 80%.
Kata kunci: HOTS, Model PBL, Media IT, Benda Konkret, Hasil Belajar Siswa.
EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS' ABILITY TO ADDRESS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PROBLEMS USING THE PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MODEL ASSISTED BY IT MEDIA AND CONCRETE OBJECTS IN GRADE IV
ABSTRACT
The aim of the classroom action research is to improve the learning process using the PBL (Problem-Based Learning) model, specifically to enhance students' learning outcomes in solving HOTS (Higher Order Thinking Skills) problems in the subject of IPAS (Integrated thematic Learning) with the theme "Story About My Region." This is accomplished through the implementation of the problem-based learning model aided by IT media in Grade IV during the second semester at SDN Cirukem. The research employs a quantitative and qualitative approach, and data analysis is conducted after each cycle of instructional improvement. The data analysis proceeds step by step, involving grouping, describing data, and ultimately drawing conclusions or deriving meanings. This research was conducted at the Elementary School of Cirukem, Garawangi Subdistrict, Kuningan Regency. The subjects of this classroom action research are Grade IV students at SDN Cirukem, Garawangi Subdistrict, Kuningan Regency, totaling 20 students, comprising 18 male students and 2 female students. The results of the classroom action research show a significant improvement in each cycle. In the first cycle, the percentage of students' learning outcomes was 60%, although it did not reach the desired criteria. However, there was an improvement from the initial condition. Therefore, adjustments were made in the second cycle, resulting in a learning outcome percentage of 90%. The research was concluded in the second cycle because the students' learning outcomes exceeded the predetermined criteria, which was 80%.
Keywords: HOTS, PBL Model, IT Media, Concrete Objects, Student Learning Outcomes.
Referensi
Jacobsen, David A., dkk. 2009. Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan belajar siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Roestiyah N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana
Wardani IGAK, dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.