UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGATASI PEMAHAMAN SOAL HOTS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA IT DAN BENDA KONKRET DI KELAS IV

Penulis

  • Enung Nur’ati

Abstrak

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas dalam hal memperbaiki proses pembelajaran dengan metode model pbl yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal hots pada mata Pelajaran IPAS materi Cerita Tentang Daerahku dengan menggunakan  model pembelajaran problem based learning berbantu media IT  di kelas IV semester genap SDN Cirukem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data kualitatif, analisis  data dilakukan setelah perbaikkan pembelajaran selesai dilaksanakan dalam setiap siklus. Analisis data dilakukan secara bertahap, pertama mengelompokkan, kedua mendeskripsikan data dan terakhir menyimpulkan atau memberi makna. Dengan langkah ini akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan penelitian. Penelitian ini  dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cirukem Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan. Subjek penelitian dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cirukem Kecamatan Garawangai Kabupaten Kuningan. Dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Hasil penelitian tindakan kelas ini mengalami peningkatan yang  sangat seignifikan pada setiap siklusnya, pada siklus I prosesntase hasil belajar siswa sebesar 60 % walaupun belum mencapai kriteria yang ingin dicapai tetapi paling tidak telah ada peningkatan dari kondisi awal, maka dari itu diadakanlah perbaikan pada siklus II dengan prosentase hasil belajar sebesar 90 %. Pada siklus II ini penelitian diberhentikan karena pencapaian hasil belajar siswa telah melampaui batas kriteria yang telah ditentukan, yaitu 80%.

Kata kunci: HOTS, Model PBL, Media IT, Benda Konkret, Hasil Belajar Siswa.

 

EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS' ABILITY TO ADDRESS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PROBLEMS USING THE PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MODEL ASSISTED BY IT MEDIA AND CONCRETE OBJECTS IN GRADE IV

 

ABSTRACT

The aim of the classroom action research is to improve the learning process using the PBL (Problem-Based Learning) model, specifically to enhance students' learning outcomes in solving HOTS (Higher Order Thinking Skills) problems in the subject of IPAS (Integrated thematic Learning) with the theme "Story About My Region." This is accomplished through the implementation of the problem-based learning model aided by IT media in Grade IV during the second semester at SDN Cirukem. The research employs a quantitative and qualitative approach, and data analysis is conducted after each cycle of instructional improvement. The data analysis proceeds step by step, involving grouping, describing data, and ultimately drawing conclusions or deriving meanings. This research was conducted at the Elementary School of Cirukem, Garawangi Subdistrict, Kuningan Regency. The subjects of this classroom action research are Grade IV students at SDN Cirukem, Garawangi Subdistrict, Kuningan Regency, totaling 20 students, comprising 18 male students and 2 female students. The results of the classroom action research show a significant improvement in each cycle. In the first cycle, the percentage of students' learning outcomes was 60%, although it did not reach the desired criteria. However, there was an improvement from the initial condition. Therefore, adjustments were made in the second cycle, resulting in a learning outcome percentage of 90%. The research was concluded in the second cycle because the students' learning outcomes exceeded the predetermined criteria, which was 80%.

Keywords: HOTS, PBL Model, IT Media, Concrete Objects, Student Learning Outcomes.

 

Referensi

Jacobsen, David A., dkk. 2009. Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan belajar siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Roestiyah N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana

Wardani IGAK, dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta: Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles