UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGOLAHAN DATA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VI SD NANGKASARI CIAMIS
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilakukan penelitian mengenai Upaya meningkatkan kemampuan pengolahan data (statistika) dalam pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri Nangkasari Ciamis . dengan menggunakan PTK dua siklus, sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang tahap pra PTK hanya ada sekitar 4 orang atau 26,6% yang tuntas sisanya belum tuntas akan tetapi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan CTL maka pembelajaran manjadi tuntas pada siklus kedua dengan capaian 93,7%, hanaya satu peserta didik yang harus mengikuti remedial karna dianggap belum tuntas.
Kata kunci: CTL, matematika, pengolahan data (statistik).
EFFORTS TO IMPROVE DATA PROCESSING SKILLS IN MATHEMATICS LEARNING THROUGH THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL LEARNING MODELS FOR VI-GRADE STUDENTS AT SD NANGKASARI CIAMIS.
ABSTRACT
After conducting research regarding efforts to improve data processing skills (statistics) in mathematics learning in class VI of SD Negeri Nangkasari Ciamis. using two cycles of PTK, the sample in this study was 15 people in the pre-PTK stage, there were only around 4 people or 26.6% who completed the remainder, but after learning was carried out using CTL, the learning was completed in the second cycle with an achievement of 93. 7%, only one student had to take remedial because it was considered incomplete.
Keywords: CTL, mathematics, data processing (statistics).
Referensi
Burhan Mustaqim dan Ary Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: CV Buana Raya.
Chandra Prayogi. Matematika. http://www.friendster.com/adechandraprayogi. diunduh 02/02/2010.
Gafur. 2003. Pembelajaran Kontekstual. http://www.sekolahku.info.com. diunduh 13/02/2010.
Gatot Muhsetyo. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Johnson. Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan.
Mulyasa, E, 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Indeks
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.