UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III PADA MATERI PENGURANGAN DENGAN MEMINJAM MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU PADA SD NEGERI 4 SINDANGSARI KECAMATAN BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

Penulis

  • Ani Suryani

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilakukan penelitian tindak kelas yang dilaksanakan di kela III SD Negeri 4 Sindangsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten ciamis mengenai penggunaan media gambar dan kartu  pada materi pengurangan di dapat kan hasil, Dimana hasil belajar pra siklus hanya sebanyak 30% peserta didik dari 20 orang yang dianggap tuntas, selanjutnya pada siklus ke 1  dengan menggunakan media gambar dan kartu ada sebanyak  80% peserta didik yang tuntas dan terakhir pada siklua 2 terdapay 95% peserta didik tuntas dengan rata rata klasikal 78. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam menuntasakan pembelajaran di Sekolah Dasar, ghal ini karena usia peserta didik dikelas 3 harus dibantu dengan sesuatu media yang konkret.

Kata kunci: Media gambar, media kartu, pengurangan, matematika.

 

EFFORTS TO IMPROVE THE ABILITIES OF THIRD-GRADE STUDENTS IN SUBTRACTION BY BORROWING THROUGH THE USE OF VISUAL MEDIA AND CARDS AT SD NEGERI 4 SINDANGSARI BANJARSARI DISTRICT CIAMIS REGENCY

 

ABSTRACT

Setelah dilakukan penelitian tindak kelas yang dilaksanakan di kela III SD Negeri 4 Sindangsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten ciamis mengenai penggunaan media gambar dan kartu  pada materi pengurangan di dapat kan hasil, Dimana hasil belajar pra siklus hanya sebanyak 30% peserta didik dari 20 orang yang dianggap tuntas, selanjutnya pada siklus ke 1  dengan menggunakan media gambar dan kartu ada sebanyak  80% peserta didik yang tuntas dan terakhir pada siklua 2 terdapay 95% peserta didik tuntas dengan rata rata klasikal 78. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam menuntasakan pembelajaran di Sekolah Dasar, ghal ini karena usia peserta didik dikelas 3 harus dibantu dengan sesuatu media yang konkret.

Keywords: Picture media, card media, subtraction, mathematics.

 

Referensi

Ali Hamzah dan Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, (Depok: Raja Grafindo Persada, 2014), hal 68

Hamalik, Oemar. 2004. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Heris Hendriana dan Utari Soemarmo, Penilaian Pembelajaran Matematika, (Bandung: Refika Aditama, 2014), hal 6

Novita E.I dan Anita Listiara, Evektifitas Metode Pembelajaran Gotong Royong untuk Menurunkan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Pelajaran Matematika,(Semarang: Jurnal Psikologi Unversias Diponegoro Vol. 3 No. 1, 2006), hal 11

Rahman Fitri, Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batiputih, (Kolaka: Jurnal Pendidikan Matematika UNP Vol. 3 No. 1, 2014), hal 18

Rosmaini Sembiring dan Julaga Situmorang, Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, (Medan: Jurnal Pendidikan Universitas Medan, 2010), hal 2

Udin S. WinataPutra. 2003. Startegi Belajar mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-18

Terbitan

Bagian

Articles