PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU E-MODUL

Penulis

  • Agy Yulia Priana
  • Irman Pebryansyah

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning berbantu e-modul dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan berkolaborasi dengan guru Informatika melalui penerapan model PBL berbantu e-modul sebagai tindakan penelitian. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa kelas X DKV 1 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian meliputi: keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa, keterlaksanaan sintaks, serta dokumentasi pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sebesar rata-rata keterampilan kolaborasi sebesar 41,5% dan hasil belajar sebesar 68%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbantu e-modul dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model PBL, e-modul, kolaborasi, hasil belajar.

 

IMPROVING COLLABORATION SKILLS AND STUDENT LEARNING OUTCOMES THROUGH THE IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL ASSISTED BY E-MODULES

 

ABSTRACT

This research aims to investigate the implementation of the problem-based learning model assisted by e-modules in enhancing collaboration skills and student learning outcomes. It is an action research (PTK) conducted in collaboration with the Computer Science teacher through the implementation of the PBL model assisted by e-modules as the research intervention. The research subjects are 22 students from class X DKV 1 selected using purposive sampling technique. The study is conducted over 2 cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection phases. The research data include collaboration skills and student learning outcomes, syntactic feasibility, as well as documentation during the teaching and learning activities. Quantitative descriptive analysis is employed for data analysis. The research procedure includes planning, implementation, observation, and reflection. The results indicate an average increase of 41.5% in collaboration skills and a 68% improvement in learning outcomes. Based on the findings, it can be concluded that the problem-based learning model assisted by e-modules can enhance collaboration skills and student learning outcomes.

Keywords: PBL model, e-module, collaboration, learning outcomes.

 

Referensi

Ali, M. (2013). Prosedur dan Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Model Problem Based learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA. Jurnal Biologi, 1(2), 1-11.

Akbar, E. A., Balqis, B., & Nurhayati, L. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Khazanah Pendidikan, 17(2), 197-204.

Aspridanel, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(2), 24-34.

Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal bioterdidik, 7(3), 77-87.

Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174. https://doi.org/10.21009/1.03207

Maridi, M., Suciati, S., & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan Melalui Model Pembelajaran Problem based learning Pada Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182-188.

Megahantara, G. S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, S., & Taim, M. A. S. (2023). Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 82-89.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17-32.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta

Saleh, R., dan Filawati. 2023. Profil Pembelajaran Biologi di SMA Kabupaten Jeneponto. Jurnal Indragiri. 3(2): 5-9.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thurrodliyah, N. I., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Implementasi Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Biologi Abad-21 di Sekolah Menengah Atas. ScienceEdu, 6(1), 12-15.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Winaryati, E. (2018). Penilaian kompetensi siswa abad 21. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-14

Terbitan

Bagian

Articles